Ulama Besar Asal Solo ‘Habib Alwi’ Berpulang Ke Rahmatullah

Ulama Besar Asal Solo 'Habib Alwi' Berpulang Ke Rahmatullah

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seorang ulama besar dan juga sebagai imam Masjid Ar-Riyadh, Pasar Kliwon, Habib Alwi bin Anis bin Alwi bin Ali Al Habsyi meninggal dunia pada Jumat (01/05/2015) kemarin. Beliau wafatl karena menderita sakit ginjal beberapa bulan terakhir. Dan enazahnya pun telah dimakamkan pada Sabtu (02/05/2015).

Seprti yang dikutip dari Solopos.com, “Habib Alwi sakit ginjal sejak beberapa bulan lalu dan dua minggu sekali cuci darah di RSUD dr. Moewardi. Tapi, pada Selasa [28/04/2015], Habib Alwi cuci darah di rumah sakit dan sudah pulang ke rumah. Namun setelah itu, tiba-tiba darahnya keluar lagi dan dibawa ke rumah sakit,” ujar adik Habib Alwi, Hasan bin Anis, ketika  ditemui di kediamannya dekat Masjid Ar-Riyadh, Jl Kapten Mulyadi, Jumat (01/05/2015).

Menurut Hasan, ketika mulai dirawat kondisinya semakin membaik. Namun pada hari Jumat pagi kondisinya kembali menurun, lalu meninggal sekitar pukul 11.30 WIB. Habib Alwi yang merupakan putra ke empat Habib Anis meninggal di usia ke-59 tahun. “Kami tidak menyangka Habib Alwi meninggal begitu cepat. Sebab, ketika dirawat di rumah sakit kondisinya sudah membaik,” ucapnya.

Walau pun Habib Alwi adalah seorang pemimpin Haul Habib Ali Al Habsyi, Tapi sosok Habib Alwi dikenal sebagai pribadi yang rendah hati, sabar, dan tidak sombong. Beliau pergi meninggalkan seorang istri dan tiga anak perempuannya. Menurut salah seorang warga Kabupaten Klaten, Habsin yang melayat di kediaman Habib Alwi juga mengagumi pribadi Habib Alwi yang istiqomah dalam beribadah sehingga pantas menjadi panutan.

“Sikapnya yang istiqomah dalam beribadah membuat Habib Alwi pantas menjadi panutan bagi umat Islam dan meneruskan Habib Anis,” ucapnya saat melayat di kediaman Habib Alwi. Mengenai waktu pemakaman, Hasan menceritakan bahwa jenazah Habib Alwi dimakamkan sekitar pukul 12.30 WIB, Sabtu (02/05/2015). Karena menunggu kedatangan dua anak perempuan Habib Alwi yang ada di Australia. Jenazah disolatkan di Masjid Ar-Riyadh dan kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum di wilayah Bekonang, Sukoharjo.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: