Tips Agar Ibu Hamil Merasa Rileks dan Nyaman

Tips Agar Ibu Hamil Merasa Rileks dan Nyaman

HarianDepok.com – Kesehatan , Ketika seorang ibu hamil kandungannya semakin besar, tanpa disadari napas ibu menjadi pendek-pendek dan mudah ngos-ngosan. Akibat hal itu ibu hamil merasa mudah lelah. Dalam metode hypnobirthing yang diajarkan Widaya Hermina seorang praktisi hipnosis Conny untuk mengatasi hal tersebut ia mengajarkan pada ibu hamil agar melakukan pernapasan alami. Hal Ini melatih ibu supaya dapat bernapas secara tenang dan teratur layaknya seprti sedang tidur.

Dalam buku The Conny Method: Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Tenang, Nyaman, Bahagia dan Penuh Percaya Diri yang ditulis oleh Conny bersama suaminya Agus Wirajaya menunjukan cara untuk melakukan pernapasan alami. Seperti yang dikutip pada Jumat (01/05/2015) caranya adalah sebagai berikut :

  1. Perlahan condongkan kepala ke daerah dada atau biarkan kepala bersandar pada bantal.
  2. Duduk santai, bersandar pada sofa atau bantal.
  3. Letakkan tangan kiri di perut dan tangan kanan di dada. Pada saat menarik napas, perut akan mengembang sehingga tangan kiri naik, dan tangan kanan turun. Saat menghembuskan napas terjadi sebaliknya.
  4. Ketika menghembuskan napas, hitung dalam hati 1 sampai 8 dalam kecepatan normal.
  5. Kedua bibir bersentuhan lembut tanpa paksaan
  6. Biarkan mata tertutup alami tanpa paksaan.
  7. Bernapas dengan memakai pernapasan perut dan bernapas melalui hidung.

Masih banyak lagi informasi pernapasan lainnya yang sangat penting dipelajari bagi ibu hamil dalam buku ini. Seperti berlatih pernapasan panjang dan pernapasan saat persalinan.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: