Novel Baswedan Miliki Tiga Implikasi Dilepas dari Penahanan

Novel Baswedan Miliki Tiga Implikasi Dilepas dari Penahanan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Secara mengejutkan Bareskrim Mabes Polri menahan Novel Baswedan denagn menjemput paksa dari rumahnya pada dini hari kemarin. Alasan Novel Baswedan ditangkap karena ia tidak bersikap kooperatif dalam pemeriksaan kasus dugaan penembakan pelaku pencurian sarang burung walet ketika menjabat Kasat Reskrim Polresta Bengkulu pada tahun 2004 lalu.

Menurut Muradi, Ketua Pusat Studi Politik & Keamanan Universitas Padjadjaran mengingatkan terhadap langkah penahanan yang dilakukan Bareskrim Polri pada Novel Baswedan dapat bermakna upaya penggembosan pada pemerintahan Jokowi-JK untuk menata kembali penegakan hukum setelah polemik pemilihan Kapolri.

Muradi menyebutkan, pembatalan penahanan Novel Baswedan dapat menjadi upaya dan niat baik bagi Polri dan pemerintahan Jokowi-JK. “Menjadikan tersangka Novel tanpa harus menangkap dan menahannya menjadi satu-satunya pilihan bagi Polri dan pemerintahan Jokowi-JK agar kemarahan publik tidak kembali memuncak,” ucap Muradi, Jumat (01/05/2015) kemarin.

Seperti yang dikutip Sindonews.com, Menurut Muradi, terdapat tiga implikasi dari pembebasan Novel tapi tetap menjalani proses hukum. Pertama, secara kelembagaan Polri ataupun pemerintah Jokowi-JK akan tetap mendapatkan apresiasi baik dari publik, dengan penekanan pada langkah penegakan hukum yang tanpa pandang bulu.

Kedua, memberikan ruang dan waktu konsultasi dan koordinasi antar pimpinan Polri untuk berjalan intensif kembali dan berujung pada pembangunan kepercayaan agar langkah mempererat kerja sama dapat berjalan intensif. Ketiga, memberikan ruang bagi proses penyidikan perkara lebih terbuka dan tidak terekayasa sebagaimana yang diasumsikan oleh publik.

Komitmen Polri dan Presiden Jokowi tersebut harus dijadikan pegangan dan dibuktikan dengan memberikan ruang bagi publik juga untuk mengetahui proses tersebut dengan baik agar distorsi informasi tidak terus terjadi. “Pada titik ini, Polri juga akan mendapatkan opini baik atas komitmennya tersebut,” ungkap Muradi.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: