Peringati Hari Pendidikan Nasional, Google Doodle Pajang Gambar Ki Hajar Dewantara

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Google Doodle Pajang Gambar Ki Hajar Dewantara

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tepatnya mulai tengah malam tadi mesin pencari raksasa dunia, Google ikut merayakan hari pendidikan yang jatuh setiap tanggal 2 Mei. Nampak pada gambar google doodlenya yang menggunakan gambar Ki Hajar Dewantoro. Menengok pada situsnya, Google memakai kalimat National Education Father – Ki Hadjar Dewantara. Dalam penjelasannya, Google menyebutkan hadirnya gambar Ki Hajar Dewantara adalah sebagai bentuk memperingati hari lahirnya yang ke 126 tahun.

Akan tetapi, gambar ini muncul hanya untuk homepage di Indonesia. Google juga menambahkan, penunjukan ini juga sebagai tanda penghargaan terhadap Ki Hajar Dewantara atas perjuangannya di bidang pendidikan di masa era penjajahan. “Berdasarkan pada kemanusia, kebebasan, dan hak untuk menimba pengetahuan,” ucap Google. Pada tahun sebelumnya, pada 2 Oktober 2014, dalam laman mukanya Google juga memasang gambar batik.

Google menganggap batik merupakan busana tradisional Indonesia yang mempunyai sejarah cukup dalam. Seperti yang dikutip dari wikipedia.org, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara yang lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Dan beliau wafat di Yogyakarta, 26 April 1959 di usia 69 tahun.

Ki Hadjar Dewantara merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politisi, kolumnis, serta pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia merupak seorang pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata agar dapat memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Saat ini tanggal kelahirannya diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Semetara itu semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Kini namanya diabadikan sebagai salah satu sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Foto beliau juga diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok