Hasil Eksperimen Ilmuwan, Hantu Hanyalah Permainan Pikiran

Hasil Eksperimen Ilmuwan, Hantu Hanyalah Permainan Pikiran

HarianDepok.com – Tekno , Dari hasil eksperimen yang diciptakan para ilmuwan Swiss mengungkapkan, bahwa hantu ada kaitannya dengan permainan pikiran. Para ilmuwan tersebut berhasil memperdaya orang biasa agar mereka berpikir jika mereka sudah bertemu dengan yang namanya penampakan dari kubur. Padahal hantu tersebut ‘diciptakan’ di laboratorium. Mythbusters yang berlokasi di Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne, telah melakukan eksperimen yang diikuti oleh sejumlah peserta.

Peserta merasa sudah didatangi hantu dan merasa sangat terganggu hingga akhirnya peserta mengakhiri eksperimen dengan meninggalkan ruangan. Seperti yang dilansir Mirror, peneliti Olaf Blanke mengatakan, “Sejumlah peserta bereaksi keras dan menyebutkan bahwa seseorang tidak hanya dapat menyentuhnya tapi juga hadir dihadapannya. Karena begitu kuatnya, Sejumlah dari mereka memutuskan untuk tidak menyelesaikan percobaan,”

Menurut Blanke, ia  percaya bahwa orang  yang sudah melihat hantu sebenarnya menderita fenomena yang ia sebut sebagai “double touch.” Yang artinya otak gagal berfungsi dan menciptakan versi kedua dari tubuh seseorang, hingga disalahartikan sebagai tamu dari dunia lain. DIa memberikan contoh persamaan dengan menggelitik tubuh, untuk menggambarkan fenomena ini. Biasanya kita tidak akan merasa geli jika menggelitik diri sendiri.

Akan tetapi bagi orang yang menderita double touch mungkin saja bisa merasakan gelitikan mereka sendiri, Namun salah mengartikan jika sensasi tersebut sebagai sentuhan dari tangan hantu. Untuk mensimulasikan efek ini pada orang biasa, Blanke meminta mereka memakai sarung tangan robot. Benda tersebut dapat mengendalikan alat yang mampu menggaruk punggung mereka.

Dengan menunda respon dari gadget penggelitik-punggung, ia membuat peserta percaya adanya ‘kehadiran makhluk lain’ di ruangan itu bersama mereka. Menurut dia, trik yang diterapkan kepada peserta yang sehat ini adalah pengalaman yang menunjukkan aspek penting dengan gejala tingkap pertama dalam masalah schizophrenia. Blanke berharap bisa menerapkan penelitian lain untuk membantu mengatur gejala psikotik pada pasien yang sebenarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok