Saat Perayaan May Day 1 Mei Besok, Buruh Akan Ajukan Tuntutan Ini

Saat Perayaan May Day 1 Mei Besok, Buruh Akan Ajukan Tuntutan Ini

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Para buruh telah menyiapkan beberapa tuntutan yang akan diajukan kepada pemerintah menjelang perayaan Hari Buruh (May Day) yang jatuh pada 1 Mei esok. Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebutkan, dalam peringatan May Day rumor yang paling kuat yang bakal disampaikan adalah penolakan kenaikan upah 5 tahun sekali. Lalu buruh juga bakal meminta pemerintah untuk menaikan upah minimum 2016 sebesar 28 persen sampai32 persen.

Hal tersebut dilakukan agar daya beli buruh dapat mengimbangi kenaikan bahan bakar minyak (BBM), harga-harga kebutuhan pokok, gas elpiji dan tarif listrik. “Hal tersebut juga supaya daya beli buruh kembali meningkat yang selama ini turun diakibatkan oleh naiknya harga BBM, melambungnya harga harga bahan pokok, serta rencana naiknya harga elpiji dan listrik rumah tangga,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (30/04/2015).

Said mengungkapkan, tidak hanya itu, buruh juga akan menuntut agar manfaat jaminan pensiun untuk buruh sebesar 60 persen hingga 75 persen dari gaji terakhir, sama seperti yang diterima pegawai negeri sipil (PNS) dan mulai berlaku bulan Juli 2015. Juga akan menuntut agar anggaran PBI BPJS Kesehatan ditingkatkan dari Rp 19,9 triliun menjadi Rp 30 triliun supaya tidak ada lagi orang yang sakit ditolak berobat di rumah sakit.

“Hal lainnya yang akan disuarakan oleh KSPI ialah meminta agar guru honor diangkat menjadi PNS tanpa melalui test dan juga meminta pemerintah untuk menaikkan gajinya sama dengan UMP sebelum diangkat menjadi PNS dan mengakhiri keserakahan perusahaan korporasi,” tegas dia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok