Ngotot Minta Diizinkan Jualan di Kereta, Ratusan Asongan di Banyumas Demo

HarianDepok.com – Berita Nasional – Sekitar 500 pedagang asongan di wilayah Daop 5 Puwokerto yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Asongan se-Indonesia berunjuk rasa di depan Kantor PT KAI Daop 5 Purwokerto jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Mereka menuntut diizinkan berjualan kembali di atas kereta.

“Kita berjuang di sini agar bisa kembali berjualan,” kata Rohadi, Satkorlap Pedagang Asongan Kereta Api se-Jawa, Senin (2/6/2014).

Selain itu, para pedagang asongan yang berdemo hingga menutup satu lajur kendaraan di jalan protokol tersebut juga meminta agar PT KAI mengkaji ulang Undang-undang nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, di mana akibat undang-undang tersebut ribuan pedagang asongan dipaksa untuk meninggalkan stasiun dan tidak boleh berjualan.

“Tolong dikaji ulang Undang-undang yang dibuat KAI ini cacat semua, jangan semaunya sendiri, lihat nasib kami, nasib pedagang asongan, sudah berpuluh-puluh tahun kita ada di stasiun,” jelasnya.

Dalam aksi tersebut, ratusan pedagang asongan juga membawa poster bertuliskan “Asongan tidak menuntut. Kompensasi uang kembalikan haknya berjualan seperti dulu lagi sampai kapanpun harga mati”, “PT KAI bukan hanya milik Jonan beserta staf dan karyawannya saja tapi PT KAI milik seluruh rakyat Indonesia”.

Sambil duduk dan menyayikan lagu “Darah Juang” beberapa pedagang asongan menangis dan meminta agar dapat berjualan kembali di kereta, karena pekerjaan tersebut merupakan sumber mata pencaharian mereka.

“Bagaimana kami memenuhi kebutuhan sehari-hari, membiayai pendidikan anak-anak,” kata salah satu pedagang asongan.

Sementara menurut salah satu perwakilan pengunjuk rasa, Chika Vitri mengatakan sampai saat ini tidak ada solusi dari PT KAI kepada nasib pedagang asongan yang tidak diperbolehkan berjualan di stasiun.

“Seharusnya ada solusi yang jelas agar mereka bisa melanjutkan penghidupan mereka. Jangan kemudian melarang mereka berdagang tetapi memperbolehkan Indomart dan Alfamart masuk stasiun,” ucapnya.

Saat ini perwakilan pedagang asongan sedang melakukan negosiasi untuk meluluskan tuntutan mereka. Perwakilan asongan ditemui Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer