Kekurangan Buku, Perpustakaan Umum Depok Sepi Pengunjung

Kekurangan Buku, Perpustakaan Umum Depok Sepi Pengunjung

HarianDepok.com – Berita , Sebelumnya Perpustaan Umum Kota Depok telah diresmikan pada Senin (27/04/2015), yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Depok yang ke 16 oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail. Namun nyatanya gedung baru Perpustaan Umum Kota Depok masih kekurangan buku. Sehingga, perpustakaan yang baru diresmikan ini belum memenuhi standar nasional yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional.

Akhirnya para pengunjung yang datang ke perpustakaan yang mulai dibuka jam 8 pagi hingga jam 4 sore itu juga terlihat masih sepi, Rabu (29/04/2015). Ima Halimah, Kepala Seksi Perpustakaan Umum Kota Depok mengakui karena kurangnya buku yang tersedia di perpustakaan kota Depok, sehingga minat para pengunjung serta masyarakat yang datang juga masih sedikit. “Hingga gedung diresmikan memang jumlah buku kami masih kurang,” ucap Ima.

Menurut Ima, perpustakaan umum Kota Depok hingga kini baru mempunyai 19.250 eksemplar buku yang terdiri dari 11.855 judul buku. Padahal Perpustakaan Nasional menetapkan standar ketersediaan buku dari sebuah perpustakaan adalah 0,025 persen, dari jumlah penduduk. “Sedangkan jumlah penduduk Depok kurang lebih 2 juta jiwa. Setidaknya harus ada sekitar 50 ribu eksemplar buku di perpustakaan agar sesuai standar,” ungkap Ima.

Ia melanjutkan, maka dari itu hingga kini sedang dilakukan usaha untuk menambah jumlah buku, mulai dari dana APBD Depok hingga ke Pemerintah Provinsi dan Perpustakaan Nasional. “Kami sudah mengajukan pengadaan dana untuk buku sebesar Rp 90 Juta. Semoga saja ini dapat terealisasi di APBD 2016.

Karena memang Perpustakaan Kota Depok masih tertinggal jauh dari kota lainnya di Jawa Barat,” terangnya. Ima juga berharap adanya dukungan dari kegiatan CSR dari beberapa perusahaan yang ada di Depok. “Untuk CSR kami dapat terima dalam bentuk buku, bukan berupa uang,” ucapnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: