Buruh Depok Menjamin Tidak Akan Ada Sweeping Saat Peringatan May Day

Buruh Depok Menjamin Tidak Akan Ada Sweeping Saat Peringatan May Day

ilustrasi may day

HarianDepok.com – Berita , Ratusan buruh asal Depok telah bersiap untuk bergabung dengan para buruh lainnya di Stadion GBK Jakarta menjelang peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday). Buruh Depok menjamin dalam memperingati May Day tidak akan ada sweeping. Rencana aksi unjuk rasa dari Forum Buruh Depok terdiri dari Serikat Pekerja (SP) KEP, SP FSPMI, SP LEM, SP Aspek Indo, SP RTMM, SPN dan SP FARKES.

Para buruh yang diperkirakan sebanyak 800 orang itu rencananya akan berkumpul di lampu merah Jalan Juanda Depok. Menurut Wido Pratikno, Koordinator lapangan yang jugamerupakan Sekjen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Depok menyatakan bahwa pihaknya akan mengajukan beberapa tuntutan, diantaranya adalah menolak kenaikan UMK per dua tahun, apalagi per lima tahun sekali.

“Jalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015 dengan manfaat bulanan 75 % dari gaji. Revisi Permenaker tentang Outsourching. Revisi total UU PPHI. Sahkan UU PRT. Angkat para guru dan pekerja honorer menjadi PNS,” ungkapnya di Depok, Rabu (29/04/2015). Buruh juga menolak liberalisasi harga BBM dan gas dan menurunkan harga bahan pokok. Wido juga menyebutkan bahwa pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tetap menjadi tuntutan para buruh.

“Kami tetap mengawasi pelayanan BPJS yang saat ini masih ada catatan tapi berangsur ada perubahan,” ujarnya. Wido menjamin tidak akan ada unjuk rasa buruh di wilayah Depok, melainkan buruh Depok akan bergabung dengan buruh Jakarta. “Tidak akan ada unjuk rasa di Depok, melainkan setelah 1 Mei kami akan mengadakan acara bersama buruh Depok. Kami menjamin tidak akan ada sweeping buruh pada 1 Mei nanti,” tuturnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: