Prediksi Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pada Awal Mei 2015

Prediksi Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pada Awal Mei 2015

HarianDepok.com – Bisnis , Sepanjang April 2015, harga minyak di pasar internasional tercatat naik 20 persen. Lantas apakah pemerintah akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar pada awal Mei 2015? Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku keputusan mengenai perubahan harga Premium dan Solar untuk bulan Mei belum diambil. ” Belum,” ungkap Kalla ketika dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara yang digelar hari ini, Rabu (29/04/2015).

Menurut Wapres, baru-baru ini acuan pembentukan harga BBM di pasar dunia masih stabil. “Perubahan harga pasar dunia masih stabil,” tuturnya. Menurut I Gusti Nyoman wiratmaja, pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, timnya saat ini sudah melaporkan kondisi parameter pembentukan harga BBM yakni Mean of Platts Singapore (MoPS) dan Kurs dolar AS selama sebulan sebelum perubahan harga.

“Sudah dilaporkan, namun belum dirapatkan,” ujar Wiratmaja. Harapan Wiratmaja, harga premium dan solar untuk bulan Mei tidak berubah, supaya perekonomian Indonesia stabil. Karena perubahan harga BBM sangat mempengaruhi perekonomian. “Semoga saja tidak berubah. agar ekonomi stabil,” pungkasnya.

Dihubungi secara terpisah, menurut Komaidi Notonegoro, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute memprediksikan harga BBM jenis Premium dan Solar akan mengalami kenaikan pada awal bulan Mei 2015. Hal tersebut mengacu dari harga minyak yang terus meningkat sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terus melemah. ” Jadi ada kemungkinan naik,” ungkap Komaidi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok