Gubernur Sumsel Tolak Terpidana Mati Zainal Abidin Dikebumikan di Palembang

Gubernur Sumsel Tolak Terpidana Mati Zainal Abidin Dikebumikan di Palembang

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin telah menolak permintaan Kejaksaan Agung yang akan mengirimkan Jenazah terpidana mati Zainal Abidin ke kampung halamannya di Palembang, Sumatera Selatan. “Ada sebuah permintaan dari Gubernur di sana agar jenazah tidak dibawa ke Palembang,” ucap Jaksa Agung HM Prasetyo di Kejagung, Jalan Sultan Hasanudin, Jakarta Selatan, Selasa (28/04/2015).

Ia menyebutkan, Kejaksaan Agung berencana akan memakamkan Zainal Abidin di dekat Lapas Nusakambangan yang sudah disiapkan. “Dan akhirnya kita putuskan untuk dimakamkan di Cilacap,” ujar dia. Zainal adalah satu-satunya Warga Negara Indonesia (WNI) yang divonis mati pada eksekusi gelombang kedua. Sebelumnya Zainal ditangkap pada tanggal 21 Desember 2000 silam di kediamannya atas kasus kepemilikan ganja seberat 58,7 kg.

Sementara, terpidana mati lainnya rencananya akan disemayamkan di kampung halamannya masing-masing. Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, akan dibawa ke Australia, sementara Rodrigo Gularte ke Brazil. “Bagi duo ‘Bali Nine’, mereka meminta dipulangkan ke Australia. Namun mereka akan melalui kedutaan karena kita tidak mungkin kirim ke sana. Dan satu di antaranya minta dipulangkan ke Brazil dan sebagian besar sudah memberi notifikasi,” tutur Prasetyo.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: