Kembali Semburkan Awan Panas, Sinabung Status Siaga

Kembali Semburkan Awan Panas, Sinabung Status Siaga

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gunung Sinabung di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kini kembali menyemburkan awan panas yang disertai oleh aliran lahar dingin. Menurut Surono,  Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, sekitar pukul 17.00 WIB guguran awan panas ini terjadi secara beruntun. Melalui pesan singkat yang diterima Selasa (28/04/2015) malam, surono mengungkapkan, “Telah terjadi awan panas berguguran beruntun pada pukul 17.02, 17.20, 17.33, 17.44, 17.47, 17.50, 18.03 dan 18.20 WIB,”.

Surono menyebutkan, jarak luncur awan panas itu sejauh antara 3 hingga  4,5 kilometer ke arah Selatan, serta tinggi kolom pada abu vulkanik 2 kilometer dari puncak Sinabung. “Status Gunung Sinabung masih tetap Siaga,” ujar dia. mengenai pandangan visual sekitara Sinabung, cuaca berawan, hujan, tetapi akan terjadi angin tenang sampai sedang ke barat daya. sementara Sinabung sedang tertutup kabut. “Terjadi hujan sejak pukul 15.20 hingga 18.00 WIB dengan intensitas gerimis sampai deras,” ucap dia.

Surono menuturkan, telah terjadi seismik atau rambatan energi yang disebabkan karena adanya gangguan di dalam kerak bumi, yaitu 15 kali gempa guguran, 2 kali gempa hybrid, 1 kali gempa vulkanik dalam. Peristiwa itu juga terekam oleh tremor lahar hujan pada pukul 14.45 sampai 18.00 WIB, dan tremor vulkanik terus-menerus. “Aktivitas vulkanik masih tinggi, status gunung Sinabung masih tetap Siaga. Masyarakat dihimbau agar tidak melakukan aktivitas dalam jangka waktu 6 sampai 5 kilometer arah tenggara dan selatan, atau arah lainnya serta daerah bahaya dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung Sinabung,” ungkap Surono.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: