Faskes Khusus Peserta BPJS Mulai DI Bangun Sejumlah RS Besar

Faskes Khusus Peserta BPJS Mulai DI Bangun Sejumlah RS Besar

HarianDepok.com – Bisnis , Mayoritas pengelola rumah sakit swasta kelas atas saat ini sudah mendirikan klinik atau rumah sakit baru yang fokus hanya untuk menangani pasien dari peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pembangunan tersebut dilakukan karena pihak rumah sakit tidak memungkinkan untuk menggabungkan pelayanan antara pasien non BPJS dengan pasien peserta BPJS, baik dari segi infrastruktur maupun kelayakan pelayanan.

“Sudah mulai banyak yang membangun. Ada yang sudah tidak dapat melayani secara banyak, ada juga yang faktor kenyamanan jadi membangun rumah sakit baru,” ujar Mus Aida, Penasehat Persatuan Rumah Sakit Swasta, Senin (27/04/2015).

Mus Aida menambahkan, perusahaan rumah sakit saat ini sedang mengklasifikasikan pelayanan dan fasilitas yang diberikan, yaitu rumah sakit untuk pelanggan non BPJS atau yang memakai asuransi komersil dan rumah sakit yang khusus untuk pasien peserta BPJS Kesehatan. “Rata-rata  yang menambah faskes untuk BPJS ini memang perusahaan besar, sebab di tempatnya sudah tidak memungkinkan lagi untuk melayani pasien peserta BPJS, jadinya mendirikan bangunan baru.” Tuturnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: