Akibat Gempa Dahsyat di Nepal, Korban Jiwa Mencapai Sekitar 2.500 Orang

Akibat Gempa Dahsyat di Nepal, Korban Jiwa Mencapai Sekitar 2.500 Orang

foto : simomot.com

 

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pada Sabtu pekan lalu Nepal telah diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) dan diperparah dengan gempa susulan hingga menyebabkan  banyak korban menunggal. Jumlah korban meninggal akibat musibah besar di Nepal tersebut hingga hari ini, Senin (27/04/2015) sudah mencapai 2.500 jiwa. Gempa tersebut juga memicu longsornya salju di Gunung Everest sehingga menewaskan banyak warga. Seluruh warga yang berada di Ibu Kota Kathmandu menjadi ketakutan.

Tidak sedikit dari mereka dipaksa untuk mengungsi dan mendirikan kemah di ibu kota usai terjadi gempa susulan berkekuatan 6,7 SR yang meluluhlantakkan banyak bangunan serta rumah-rumah warga. Gempa yang terjadi kali Ini merupakan gempa terburuk dalam 80 tahun terakhir yang terjadi di Nepal. Rumah sakit pun kewalahan untuk manampung pasien korban gempa. Tidak sedikit pula pasien yang terpaksa harus dirawat ditenda-tenda darurat. Bahkan, karena takut ambruk para staf ikut melarikan diri dari bangunan.

Seperti yang dikatakan Helen Szoke, Kepala Eksekutif Oxfam Australia, kepada AFP, ”Listrik sudah padam. Rumah sakit ramai dan kehabisan ruang untuk menyimpan jemazah,” Selain itu, menurut laporan para pendaki, bahwa akibat gempa susulan, sehingga menyebabkan longsoran salju di Gunung Everest dalam skala besar.

Helikopter pun sudah dikerahkan untuk menyelamatkan orang-orang yang terluka tertimpa longsoran salju ketika berada di base camp. Berdasarkan informasi data yang dikumpulkan, hingga saat ini telah tercatat ada sebanyak 18 orang tewas tertimpa longsoran salju. Menurut Kamal Singh Bam, Juru bicara Kepolisian Nasional Nepal mengatakan, jumlah korban tewas terbaru belum diketahui, namun telah dipastikan akan melebihi 2 ribu jiwa. sementara korban luka sudah mencapai 4.629 orang.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok