Perempuan Akan Sulit Hamil Jika Alami Haid Tidak Teratur

Perempuan Akan Sulit Hamil Jika Alami Haid Tidak Teratur

HarianDepok.com – Kesehatan , Bagi perempuan yang mengalmi siklus haid yang tidak teratur menyebabkan kemungkinan hamil akan menjadi sangat kecil. Menurut dr. Ardiansjah Dara, SpOG yang merupakan dokter Sesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit MRCCC Siloam Jakarta, dalam memperingati `21 Tahun Kiranti, Sahabat Terbaik Wanita` di Jakarta, Kamis  (23/04/2015) menyebutkan,

“Siklus haid yang tidak teratur biasanya mengalami masalah hormonal. Pada kondisi seperti itu, tidak ada ovulasi di dalam siklus haidnya,” dr Dara menambahkan, dapat dibilang tidak teratur apabila terjadi dalam jangka waktu lebih dari lima minggu, bahkan hingga berbulan-bulan. Padahal, masa haid bisa dikatakan teratur bila hari pertama haid dengan hari pertama haid berikutnya hanya berjarak empat minggu.

dr Dara pun menerangkan, “Namun, kondisi ini tidak berlaku untuk remaja yang baru pertama kali haid. Alasannya mengapa haid mereka tidak teratur, karena kadar estrogen dan progesteron di tubuh belum normal,” Umumnya, siklus haid yang berjalan normal 3 hingga 5 tahun setelah haid pertama.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: