Jokowi Targetkan LRT Rampung Pada Tahun 2018

Jokowi Targetkan LRT Rampung Pada Tahun 2018

HarianDepok.com – Bisnis , Untuk membangun Light Rail Transit (LRT) untuk menggantikan proyek monorel yang mandek, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menugaskan kepada PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Kehadiran LRT diharapkan bisa mengurangi kemacetan di DKI Jakarta? secara signifikan. Menurut Supardi, Direktur ADHI menyebutkan, proyek itu akan memakan konstruksi hingga tiga tahun. “Konstruksi mudah-mudahan akan rampung paling lama sekitar 3 tahun,” ujar dia di Jakarta, Kamis (23/04/2015).

Dia mengungkapkan, untuk tahap pertama yang meliputi rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas dengan panjang mencapai 30 kilometer (km). Dia mengatakan, konstruksi akan dimulai sekitar pada semester II 2015. “Kalau semua jalan, tahun ini akan dilakukan pada semester dua,” ucapnya. Dia menyebutkan, untuk LRT, ADHI akan melakukan penawaran umum saham terbatas atau right issue pada Juni 2015. Dari right issue tersebut, perseroan mengharapkan dana segar sebesar Rp 2,7 triliun.

Ia menambahkan, dari right issue pemerintah akan mengeluarkan dana sebesar Rp 1,4 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN). ” Sekitar Rp 1,4 triliun  adalah saham pemerintah 51 persen. Publik sebesar Rp 1,34 triliun akan ada dana tambahan sebesar Rp  2,7 triliun,” ucapnya. Dia menyebutkan, dana right issue itu seutuhnya untuk pembangunan LRT, baik untuk moda transportasi maupun untuk infrastruktur stasiun. “Penggunaan PMN  didekasikan projek tranportasi dan stasiun massal,” terangnya.

Menurut Adityawarman,  Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR), sebelumnya telah memperkirakan kehadiran LRT nantinya dapat mengurangi 30 persen kemacetan Jakarta. Dalam pembangunannya, nantinya akan melewati pinggiran jalan tol, di mana Adhi Karya akan bekerjasama dengan Jasa Marga selaku pemilik jalan tol yang akan dilewati LRT. Adityawarman menjelaskan, selain Adhi Karya dan Jasa Marga yang akan membangun, nanti setidaknya juga akan melibatkan tujuh perusahaan yang membentuk konsorsium.

Adapun perusahaan BUMN lain yang akan ikut andil bagian dalam proyek LRT yakni diantaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta PT INKA (Perero)?. sedangkan dari swasta yakni salah satunya PT MRT Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan LRT ini akan memakan dana setidaknya sebesar Rp 9,2 triliun untuk tahap pertama dengan rute Cibubur-Cawang-Grogol. Presiden Jokowi menargetkan pembangunan LRT ini dapat segera dimulai pada tahun ini dan akan selesai pada tahun 2018.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: