Adanya KAA, Pengguna Jalan Merasa Disusahkan Dengan Buka-Tutup Ruas Jalan Utama

Adanya KAA, Pengguna Jalan Merasa Disusahkan Dengan Buka-Tutup Ruas Jalan Utama

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Konferensi Asia Afrika (KAA)  2015 yang digelar di Jakarta dan Bandung, yang dimulai pada 19 sampai 24 April mulai memasuki hari pertama pertemuan puncak di Jakarta hari Rabu (22/04/2015). Berbagai ruas jalan utama di ibukota pun mulai diberlakukan buka-tutup. Bukan di hari ini saja, bahkan di hari-hari sebelumnya ketika peserta KAA baru menginjakkan kakinya di Indonesia, wilayah-wilayah tertentu DKI Jakarta terpaksa ditutup sementara dan dilakukan penjagaan ketat. Hal seperti ini tentu saja mengganggu aktifitas masyarakat, walaupun tetap mendukung Indonesia sebagai tuan rumah KAA pada tahun ini.

Seperti yang diketahui, pada tanggal 22 sampai 23 April adalah puncak penyelenggaraan KAA di Jakarta. Selama perhelatan berlangsung ruas jalan protokol seperti Jalan Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman akan mulai ditutup beberapa kali. Penutupan arus pertama dilakukan pada pukul 06.30 WIB hingga 09.30 WIB. Kemudian penutupan akan kembali dilakukan pada pukul 17.00 hingga 18.30 WIB. Setelah itu penutupan akan kembali dilakukan pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Seperti yang diungkapkan salah seorang pengguna jalan raya, Donny mengatakan, “menurut saya terlalu memaksakan standar keamanan untuk penyelenggaraan acara-acara seperti ini. Perasaan Barrack Obama datang juga enggak seperti ini amat kondisinya,”. Selain  jalur protokol, akan tetapi juga jalur keluar masuk Bandar Udara Soekarno-Hatta juga dilakukan buka tutup. Bahkan angkutan umum seperti taksi tidak diperbolehkan masuk ke Bandara.

“Jadi tuan rumah KAA sih boleh-boleh saja, namun pengaturan kenyamanan untuk rakyat yang membayar pajak ya harus juga dipikirin. Jika jalanan diblok trus maka Taksi tiba-tiba tidak ada yang masuk ke Terminal 1B dan membuat penumpang menunggu lama tidak jelas sampai kapan selesainya, itu sama saja namanya nyusahin orang banyak,” keluh salah seorang sopir Taxi pada Selasa (21/04/2015) malam. Tentu ini harus diperhatikan baik-baik. Sebab kelancaran acara KAA bukan berarti mengorbankan kelancaran aktifitas masyarakat, khususnya pengguna jalan raya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok