Sejarah Hari Bumi Dan Kuis Hari Bumi Dari Google Doodle

Sejarah Hari Bumi Dan Kuis Hari Bumi Dari Google Doodle
HarianDepok.com – Berita – Internasional , 
Hari Bumi adalah salah satu peringatan Internasional yang selalu jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Mesin pencarian raksasa Google ikut merayakan Hari Bumi dengan merubah tema Google Doodles hari ini dan mengadakan Kuis Hari Bumi untuk para pengguna pencarian google sekaligus sebagai menghormati dan memberitahu seluruh masyarakat dunia agar ikut berpartisipasi menjaga bumi. Peringatan ini pertama kali dirayakan oleh Gaylord Nelson yang merupakan Senator asal Amerika Serikat sejak tahun 1970 dan hingga saat ini perayaan tersebut terus di peringati  setiap tahunnya.

Hari Bumi saat ini diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi dengan cara global oleh Earth Day Network (Jaringan Hari Bumi ). Jaringan Hari Bumi didirikan pada tahun 1993 dengan maksud membuat jaringan internasional yang didedikasikan buat mensupport pengorganisasian Hari Bumi. Ada sejumlah orang yang turut merayakan Hari Bumi yang didekasikan untuk melindungi bumi. Amerika Serikat adalah negara pertama yang memperingati Hari Bumi dan memiliki peserta dan peraya di dua ribu di kampus dan perguruan tinggi, sekitar sepuluh ribu sekolah basic serta menengah, dan beberapa ratus

komunitas di seluruh Amerika Serikat. Yang lebih menariknya lagi, moment tersebut sukses membawa 20 juta orang Amerika keluar rumah untuk mendapatkan cahaya matahari musim semi dan membuat demonstrasi damai yang mensupport reformasi lingkungan. Ada beragam cara untuk ikut berpartisipasi dalam pamemperingati Hari Bumi, yaitu seperti dengan cara melindungi, menjaga, dan melestarikan Bumi yang sesuai dengan aturan di setiap Negaranya. Contohnya seperti penanaman mangrove yang dilakukan oleh sejumlah komunitas Muaragembongku di Kabupaten Bekasi. Peduli lingkungan tersebut

adalah salah satu cara untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April. Aktivitas tersebut memiliki tujuan untuk melestarikan dan melindungi ekosistem rimba mangrove. Sedangkan di Amerika sendiri akan menggelar sebuah perayaan “Global Citizen 2015 Earth Day” pagelaran pawai tersebut merupakan sebuah gagasan yang bersamaan dengan Proyek Kemiskinan Global untuk mengakhiri kemiskinan kronis didunia.

Pihak penyelenggara berusaha mengungkapkan permasalahan pergantian iklim. Pawai dan konser tersebut bertepatan dengan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia, yang di hadiri ole h sejumlah petinggi-petinggi keuangan dunia.  “Hari Bumi” dengan secara resmi akan diperingati pada hari ini Rabu (22/04/2015) dan sekaligus menandai peringatan “Hari Bumi” yang ke-45.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: