Konferensi Asia Afrika 1955, Presiden Soekarno Gunakan Mobil Mercedes 600

Konferensi Asia Afrika 1955, Presiden Soekarno Gunakan Mobil Mercedes 600

 

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , Ketika membahas mengenai Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang digelar pada tahun 1955, terdapat salah satu aspek yang menarik, yakni adalah mobil yang dipakai oleh para kepala negara. Sebab, walau bagaimanapun, mobil-mobil tersebut merupakan bagian dari sejarah KAA itu sendiri. Salah satu mobil yang sangat menarik perhatian adalah mobil milik presiden pertama RI, Soekarno. Mobil khusus yang digunakannya dalam konferensi monumental ini adalah Mercedes 600.

Pada 18 April 1955, sekitar pukul 09.00 pagi ketika seluruh delegasi telah tiba di Gedung Merdeka, Bandung, iring-iringan mobil Presiden dan Wakil Presiden juga sampai. Ketika itulah Soekarno menggunakan Mercy 600. Ketika melihat dalam video milik Arsip Nasional RI yang diunggah ke Youtube, Mercy 600 ini berplat DAA-3. Akan tetapi tidak jelas warna apa mobil ini, karena video yang diunggah masih berwarna hitam-putih.

Mercedes Benz 600 merupakan mobil mewah besar yang diproduksi massal selama 17 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, Mercy 600 sudah diproduksi sebanyak 2.677 unit. Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin 6,3-liter V8 yang mampu hasilkan tenaga 250 Tk dan torsi maksimal mencapai 500 Nm. Mempunyai kecepatan 204,8 km/jam, dieranya Mercy 600 merupakan kendaraan yang sangat cepat. Seperti yang diketahui, Soekarno merupakan seorang penggemar mobil.

Selain Mercy 600, ada juga mobil dinas Soekarno lainnya, yakni seperti Buick-8 dan Chrysler Windsor. Sedangkan mobil pribadi yang sebagian laginya adalah hadiah, yakni DeSoto. Tercatat ada puluhan unit kendaraan peninggalannya usai Soekarno tidak lagi menjadi presiden. Beberapa mobil diantaranya disimpan di Sekretariat Negara serta Istana Bogor, bahkan ada juga yang disimpan di museum.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: