Atasi Stres Dengan Minum Teh Manis

 Atasi Stres Dengan Minum Teh Manis

HarianDepok.com – Kesehatan , Walau teh manis memiliki kandungan kalori tinggi, namuan minuman ini ternyata dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi stres. Demikianlah hasil pembuktian dari penelitian para ilmuwan di University of California, Amerika Serikat. Mereka menemukan, bahwa mengonsumsi teh manis dapat menekan hormon kortisol yang dilepaskan oleh tubuh ketika stres.

Menurut Dr. Kevin Laugero, salah seorang penulis studi menyebutkan, hasil dari penelitian ini telah melibatkan 19 orang perempuan berusia antara 18 dan 40 tahun. Sebagian kelompok diberi minuman manis selama 12 hari setelah selesai sarapan, makan siang dan makan malam. sementara sebagian lainnya lag diberikan pemanis buatan atau aspartam.

Para relawan juga diminta untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis lainnya, termasuk juga jus buah, di luar waktu tersebut. Selama melakukan penelitian, para perempuan tersebut diberikan tes matematika dan menjalani pemindaian dengan MRI untuk mengukur respon otak terhadap stres. sampel air liur juga ikut digunakan untuk mengukur kadar kortisol.

Dan hasilnya pun cukup mengejutkan. Sepert yangi dikutip Dailymail, Senin (20/04/2015), “Mungkin minuman manis dapat menekan stres, akan tetapi gula akan menimbulkan efek yang merugikan, seperti obesitas. Kami khawatir, stres psikologis atas emosional dapat menimbulkan orang-orang mengonsumsi gula berlebihan,” ucap Laugero.

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: