Program Baru JKK-RTW Telah Diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan Depok

Program Baru JKK-RTW Telah Diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan Depok

HarianDepok.com – Berita , Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan selalu berupaya untuk berinovasi dan berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya adalah dengan menyempurnakan program Jaminan Kecelakaan Kerja menjadi Jaminan Kecelakaan Kerja – Return To Work (JKK-RTW). Seperti yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Depok, dengan menggelar sosialisasi masif kedua kalinya di Grand Depok City Depok (GDC).

Hal itu dilakukan karena banyaknya peminat Bukan Penerima Upah (BPU) yang ingin mengikuti Program BPJS Ketenagakerjaan (JHT,JKM,JKK). Dengan mengangkat tema memperkenalkan program Jaminan Kecelakaan Kerja  menjadi Jaminan Kecelakaan Kerja – Return To Work (JKK-RTW),Program yang sudah mulai diberlakukan sejak awal tahun 2014 itu adalah sebagai bentuk pelayanan kepada para pekerja yang mengalami cacat yang diakibatkan kecelakaan kerja.

Menurut Suhedi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Depok menerangkan, bahwa melalui  JKK-RTW BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen, akan memberikan pelayanan berupa pendampingan, sampai pembekalan mental dan keterampilan bekerja untuk para pekerja yang mengalami disabelitas yang diakibatkan kecelakaan kerja. Seperti yang dikatakan Suhendi, Minggu (19/04/15) “Perawatan dan pengobatan program JKK-RTW ini bisa dilakukan di Rumah Sakit Trauma Center yang telah ditunjuk oleh BPJS baik milik pemerintah ataupun  swasta yang ada diseluruh Tanah Air,”.

Suhedi melanjutkan, program JKK-RTW dilatarbelakangi oleh UU No. 4 Tahun  1997 tentang penyandang cacat  dan UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Alur pelayanan Return To Work ini dimulai ketika peserta yang mengalami kecelakaan kerja, akan mendapatkan penanganan kuratif di RS Trauma Center lewat Manajer Kasus Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (KK PAK). “Manfaatnya akan dirasakan langsung oleh tenaga kerja, dari program JKK-RTW diantaranya yaitu mempertahankan produktivitas, pekerjaan, dan pastinya penghasilan yang tetap akan diterima setiap bulannya,”jelasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok