Kawanan Rampok Berhasil Diringkus Usai Beraksi Puluhan Kali di Depok

Kawanan Rampok Berhasil Diringkus Usai Beraksi Puluhan Kali di Depok

HarianDepok.com – Berita , Setelah melakukan aksi perampokan sebanyak 20 kali, tersangka  MN (46) dan GS (52) tidak berdaya ketika digelandang ke Mapolresta Depok. Sejak tahun  2014, mereka telah melancarkan aksi perampokan di seluruh kecamatan di Kota Depok. Berdasarkan catatan kepolisian, mereka pernah melancarkan beberapa aksi perampokan di daerah Cimanggis, Depok, yaitu merampok di sebuah toko sembako dan berhasil menggasak empat handphone dan uang tunai sebesar Rp10 juta. Setelah itu, mereka juga pernah merampok rumah dan mengambil perhiasan serta sejumlah uang.

Kemudian di daerah Sawangan, sejumlah rumah berhasil di bobol oleh kawanan ini, dan menggasak brankas yang berisi perhiasan dan uang. Mereka juga sempat beraksi sebanyak enam kali di pusat Kota Depok. Selain di Depok, mereka juga kerap beraksi di kota Tangerang dengan melakukan perampokan sebanyak empat kali. Di  Cikarang sebanyak dua kali, serta Karawang sebanyak tiga kali. Ketika hendak merampok di sebuah rumah dan Toko Material Cahaya Logam milik Hartono (46) di Radar Auri, Cimanggis, Depok, akhirnya petualangan mereka pun berakhir.

Modus pelaku ketika itu dengan berpura–pura akan membeli material dengan mengancam memakai senjata api dan golok. Seperti yang dikatakan Kombes Pol Ahmad Subarkah, Kapolresta Depok, Senin (20/04/2015), “Mereka memakai mobil minibus berwarna silver di dalam melancarkan aksinya, pelaku juga memakai tali untuk mengikat korban serta pegawainya,” Ia melanjutkan, para pelaku dalam aksi yang terakhir ini berhasil menggasak laptop, tablet, tiga HP, uang tunai sebesar Rp11 juta, serta ATM Bank Mandiri milik istri korban.

Dalam aksinya ini, komplotan ini berjumlah delapan orang, dan sebagian pelaku menunggu di mobil.“ Yang masih buron ada enam orang, yaitu berisial JS (47), R (53), YS (42), FN (44), ZS (41), dan RN (32),” tuturnya.  Pelaku akan dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan, dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara. Sementara barang bukti yang berhasil diamankan ialah seperti  celurit, golok, airsoft gun, senjata mainan, rekaman CCTV, linggis, obeng dan tali rafia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok