Untuk Peringati Hari Kartini, Perempuan di Bogor Bikin Patung dari Peuyeum

Untuk Peringati Hari Kartini, Perempuan di Bogor Bikin Patung dari Peuyeum

HaianDepok.com – Berita – Nasional , Setiap orang memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April dengan cara yang beragam. contohnya seperti yang dilakukann oleh beberapa perempuan dari Kota Bogor, Jawa Barat. Mereka berinisiatip membuat patung Raden Ajeng Kartini dari bahan peuyeum atau tape singkong. Untuk menciptakan patung setinggi 60 centimeter ini dibutuhkan hingga 50 kg peuyeum pilihan. Untuk membuatnya pun menghabiskan waktu hingga 1 minggu.

“Kita membuatnya dari mulai proses pembuhatan peuyeumnya, yang kadar airnya tidak terlalu banyak. Setelah itu dicampur menggunakan tepung maizena agar kuat berdirinya,” ujar Eyie Dewanto, salah seorang pembuat patung, Senin (20/04/2015). “Kemudian dibentuk sedemikiran rupa agar mirip dengan Ibu Kartini,” terang dia. Eyie menyebutkan, sebelum diolah, adonan harus menunggu sampai kokoh, sekitar 5 hari. Setelah itu barulah dapat diukir untuk menyempurnakan detailnya.

Sedangkan untuk hiasan rambut dan pakaian adatnya memakai lapisan cokelat. Bukan hanya sebuah patung peuyeum Kartini, ada juga 7 patung kecil yang sama terbuat dari peuyeum berbalut pakaian-pakaian adat Indonesia. “Patung-patung ini tahan sampai kira-kira 2 minggu, modal pembuatannya pun hanya sekitar Rp 1 jutaan,” terang Eyie. Selain untuk mengenang jasa-jasa Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita, tujuan dibuatnya patung ini juga untuk mempromosikan bahan makanan alternatif lainnya.

“Untuk itu kami tergerak untuk memasarkan makanan alternatif berbahan makanan tradiosional yang belum terolah secara modern,” ujar Danti. Para pembuat patung Kartini ini merupakan pemilik Kedai Umbi-umbian yang berlokasi di Jalan Bangbarung Kota Bogor, Jawa Barat. Mereka adalah Eyie Dewanto, Danti Maharani dan Virlia Hendari.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok