KAI Dapat Pinjaman dari 4 Bank Nasional Untuk Bangun Jalur Kereta Bandara

KAI Dapat Pinjaman dari 4 Bank Nasional Untuk Bangun Jalur Kereta Bandara

HarianDepok.com – Bisnis , Untuk mengembangkan proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, PT Kereta Api Indonesia mendapatkan sejumlah pinjaman sindikasi dana yang akan digunakan perseroan senilai Rp 2,06 triliun dari 4 bank nasional. Kurniadi Atmosasmito, Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia menyebutkan, dana pinjaman tersebut didapat dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, dan  PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Dana pinjaman tersebut terbagi menjadi dua bentuk. Pertama adalah sebesar Rp 1,45 triliun atau 70,30 persen dari total adalan pinjaman untuk membangun jalur rel ganda.

“Sementara sisanya yang sebesar Rp 612 miliar akan diberikan kepada PT Railink yang akan dipakai untuk pengadaan sarana Kereta Api Bandara,” ungkapnya di Jakarta, Senin (20/04/2015). Ia menambahkan, PT KAI dan PT Angkasa Pura II, pada tahun ini akan memulai pembangunan jalur ganda kereta Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soetta sepanjang 12 kilometer (km). “Pembangunan jalur Kereta Bandara Soetta ini merupakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (perpres) Nomor 83 Tahun 2011 tanggal 24 November 2011 tentang Penugasan kepada PT KAI (Persero),” ujarnya.

Tujuan dari pembangunan jalur kereta bandara ini adalah untuk meningkatkan pelayanan moda transportasi Kereta khususnya untuk melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Bandara Soetta melewati Kota Tangerang, yang akan dioperasikan oleh PT Railink, perusahaan Kerjasama  antara PT KAI dan PT Angkasa Pura II. “Untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana kereta Bandara Soekarno Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi dilakukan oleh KAI,” terangnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok