Cegah Anak Derita Alergi Dengan Berikan ASI

Cegah Anak Derita Alergi Dengan Berikan ASI

HarianDepok.com – Kesehatan , Kandungan Air susu ibu atau ASI  sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh, yang bila dikonsumsi si kecil dapat membantunya terhindar dari alergi. Jadi, bagi perempuan yang menderita alergi tapi tidak ingin hal yang sama terjadi pada si kecil nanti, jadi berikanlah ASI eksklusif. Menurut DR dr Zakiudin Munasir, SpA(K), salah seorang dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan, pencegahan primer paling sederhana adalah dengan memberikan ASI eksklusif di enam bulan pertam kehidupan, karena ASI memiliki kandungan yang sangat besar.

Ketika di dalam diskusi yang bertajuk `Morinaga Allergy Week` di Kalcare, Lotte Shopping Avenue, Mega Kuningan, Jakarta yang ditulis Sabtu (18/04/2015) Zakiudin mengatakan, “tetapi, pada sejumlah kasus di mana ketika si ibu tidak bisa memberikan ASI, maka dapat diberikan formula khusus,”  Zaki  melanjutkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan penggunaan formula hidrolisat ekstensif kasein untuk mengurangi risiko alergi pada bayi yang memang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya.

Zaki menyebutkan, agar para ibu tidak langsung menduga si kecil alergi dengan ASI ketika dia menunjukan reaksi alergi setelah meminum ASI. “Cari tahu dulu pencetus dan pemicu alergi si bayi. Bisa jadi bukan ASI, melainkan zat makanan yang dikonsumsi si ibu. Contohnya alergi telur. Si anak kan belum makan telur, tapi karena si ibunya makan dan zat dari telur bisa masuk melalui ASI, di situlah si kecil menunjukkan reaksi alergi yang seakan-akan dia alergi ASI,” ungkap  Zaki menjelaskan.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok