Komunitas Batu Pandan Dirikan Pusat Transaksi Akik di Pasar Segar Depok

Komunitas Batu Pandan Dirikan Pusat Transaksi Akik di Pasar Segar Depok

HarianDepok.com – Berita , Saat ini demam batu akik sudah merambah ke seluruh lapisan, sama halnya yang terjadi  di wilayah Depok Jawa Barat. Komunitas akik yang ada di wilayah ini berinisiatif mengadakan bursa batu yang bertempat di Pasar Segar, Depok untuk mewadahi para penggila batu. Para penjual pun mengakui, jika transaksi batu akik di Depok baru-baru ini naik signifikan. Masyarakat pun yang sebelumnya tidak begitu tertarik dengan batu, saat ini ikut menjajal mengenakan akik. Sehingga, permintaan atas batu akik pun meningkat. Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang penjual, Yudi Handana mengatakan,

seiring munculnya demam batu akik omzet penjualannya pun mengalami peningkatan. “Omzet seharinya sekarang paling tidak sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. Dan saya juga berencana akan membuka sejumlah outlet batu di wilayah Depok, Bintaro dan Cileduk (Tangerang Selatan),” tuturnyai beberapa waktu lalu. Ia mengakui jika penjualan batu akik di Depok cukup bergairah. Yudi juga sangat bersyukur ada sebuah komunitas yang memiliki inisiatif untuk mendirikan sarana  bursa batu akik, sehingga transaksi pun dapat  dilakukan dengan mudah.

Tidak hanya sekedar antara penjual dan pembeli, tapi juga sesama penjual. Yudi adalah seorang penjual khusus bongkahan. Hal tersebut dilakukannya usai melakukan survei, dan nampak bahwa sebagian besar pembeli lebih suka bongkahan. “Mereka dapat membuatnya sesuai selera, Berbeda kalau batunya sudah jadi, harganya pun bisa lebih tinggi,” jelasnya. Menurut Zainuddin, salah seorang pegiat komunitas batu di Depok menyebutkan, komunitas Batu Pandan adalah penggagas berdirinya bursa batu di Pasar Segar.  Komunitas tersebut selama ini banyak melakukan transaksi melalui online.

Zainuddin yang juga merupakan admin ‘Komunitas Akik Pandan Depok’ di jejaring sosial Facebook ini menyatakan,  jika anggota komunitas batu di Depok yang sudah terdaftar mencapai sekitar 2.700 orang. Jumlah tersebut di luar penghobi yang tidak terhubung dengan komunitas. Selain itu, jumlah anggota komunitas di Facebook mencapai 3.366 anggota. “Oleh karena itu, hadirnya bursa batu di Pasar Segar ini diharapkan dapat menjadi pusat batu dan memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi.” Para pedagang sampai sekarang tidak dipungut biaya membuka lapak di Pasar Segar dan mereka hanya diwajibkan untuk membayar iuran kebersihan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok