Batu Akik Asal Raja Ampat Dibandrol Dengan Harga Rp 250 Juta

Batu Akik Asal Raja Ampat Dibandrol Dengan Harga Rp 250 Juta

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dalam pameran batu akik yang diadakan di Balai Panjang Museum Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (18/4/2015) kemarin, banyak batu akik yang terpajang dan dibanderol dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.  Misalnya seperti batu akik jenis Badar Emas dari Raja Ampat, Papua Barat. Said, sang penjual mengatakan, jika batu tersebut dijual di Papua maka harga per kilogramnya sekitar Rp 5 jutaan.

Sedangkan jika dijual di luar Papua harganya bisa mencapai 3 kali lipat. Sedangjan batu yang masih berbentuk bongkahan sebesar kepalan tangan dibanderol dengan harga Rp 250 juta.”Kalau yang ini (bongkahan) seharga Rp 250 juta, sementara yang sudah jadi cincin paling mahal seharga Rp 25 Juta,” terang Said yang mengaku berasal dari Sorong, Papua.  Menurutnya, mahalnya batu akik jenis Badar Emas dikarenakan  memiliki  kandungan kadar logam mulia yang ada di dalam batu tersebut. “Ada campuran emasnya,” ucap dia.

Said sebelumnya adalah seorang anggota Satpol PP di Sorong. Akan tetapi mulai tahun 2012 lalu dia memilih untuk berbisnis batu dan meninggalkan pekerjaannya. Pameran batu akik yang dilaksanakan kemarin itu diselenggarakan oleh Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMP-Indonesia). Rencananya pembina HMP-Indonesia Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto akan menerangkan konsepsi pemberdayaan industri batu akik agar menjadi industri rumah tangga yang terfokus pada pengemasan, penjualan dan high promotion dengan sistem pemasaran di dunia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok