DPR Imbau Pertamina Agar Harga BBM Pertalite Sama dengan Premium

DPR Imbau Pertamina Agar Harga BBM Pertalite Sama dengan Premium

HarianDepok.com – Bisnis , Pada Mei 2015, PT Pertamina (Persero) memastikan akan meluncurkan produk terbarunya yang dinamakan Pertalite. Produk BBM baru tersebut akan mempunyai kadar RON berkisar 90-91. Kardaya Warnika, Ketua Komisi VII DPR mengaku belum menerima informasi mengenai rencana peluncuran produk baru tersebut. Menurutnya, BBM merupakan kebutuhan hidup masyarakat sehingga seharusnya Pertamina dan pemerintah menjelaskannya  ke masyarakat lewat DPR.

“Rakyat kan mempunyai wakil di DPR, lagipula Pertamina itu kan perusahaan milik negara jadi kami DPR harusnya diajak diskusi,” ujar Karday, Sabtu (18/04/2015). Menurunya, Pertamina tidak dapat meluncurkan Pertalite tanpa berkonsultasi dengan DPR. Apalagi ada rencana pengurangan penjualan premium, bahkan penghapusan premium dari pasaran. Padahal, premium adalah BBM yang pemberian subsidinya ditentukan pemerintah dan juga DPR yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kardaya Warnika khawatir hal tersebut akan membebani konsumen karena harganya yang lebih tinggi dari premium. Oleh sebeb itu, dia meminta agar harga Pertalite ini setidaknya sama dengan harga premium. Ia mengungkapkan, “Pokoknya jangan sampai ini menambah beban rakyat,”  Seperti yang diketahui, produk BBM baru Pertalite akan dirilis Pertamina pada Mei 2015. Dengan kadar RON 90-91, Pertalite diklaim akan mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan premium, pasalnya kadar RON di premium hanya 88.

Akan tetapi produk ini mempunyai kualitas lebih rendah daripada Pertamax yang mempunyai RON 92. Pertalite adalah produk asli hasil pengembangan Pertamina. Pertalite ini akan dipasarkan sebagai BBM transisi karena untuk ke depannya untuk BBM jenis Premium secara perlahan akan dihapus  dari pasaran. Sampai sekarang hanya Indonesia yang masih memakai BBM dengan kandungan RON 88 di dunia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok