Kopi Luwak Asal Bandung Tembus Pasar Dunia

 

Kopi Luwak Asal Bandung Tembus Pasar Dunia

HarianDepok.com – Bisnis , Kopi luwak asal Kabupaten Bandung sukses menembus pasar dunia, mulai dari Asia, Eropa sampai Amerika. Sementara untuk kawasan Asia sudah tersebar di Hong Kong, Taiwan, China, Korea Selatan, Jepang, sampai Singapura. Supriatna Dinuri, pemilik Golden Malabar mengungkapkan, permintaan kopi luwak buatan perusahaannya sangat besar. Tingginya permintaan dari beberapa negara seperti Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok, bahkan sampai belum terpenuhi semuanya. “Warga Eropa seperti Republik Ceko dan Jerman selalu memesan kopi luwak dari kami.

Begitu pula dengan Kanada,” ucapnya, Rabu (15/4/2015). Menurut dia, kopi luwak yang diproduksinya adalah hasil budidaya kopi di Kampung Pasirmulya, Desa Margamulya, Pangalengan, terdapat sejumlah 167 petani kopi yang tergabung dalam kelompok tani Rahayu Tani. Jenis kopi yang dikembangkan hanya jenis Arabica. Pada umumnya, panen dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus. Dalam sekali musim panen, kebunnya dapat menghasilkan 400 kilogram kopi greenbean. Jumlah tersebut berasal dari 78 luwak yang berada di kandang.

“Ddi kebun kami mempunyuai 200 ekor luwak, dalam sehari  satu ekornya itu bisa memproduksi 15 gram kopi jenis greenbean. Total dalam sebulan dari 200 ekor itu yaitu bisa mencapai 900 kilogram kopi greenbean,” jelasnya. Karena belum memasuki musim panen, saat ini hampir tidak ada kopi yang dapat dipanen sehingga produksinya pun berkurang. Pemasaran kopi buatannya di Bandung hanya mencakup beberapa komunitas, seperti mereka para penikmat kopi di cafe-cafe. “Ada pula yang secara pribadi membeli langsung ke sini dan kami layani selama persediannya masih ada,” ucapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok