Pada Pertengahan April, Harga BBM Akan Turun atau Malah Naik?

Pada Pertengahan April, Harga BBM Akan Turun atau Malah Naik?

HarianDepok.com – Bisnis , Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) khususnya bagi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan memasuki pertengahan bulan ini pasti akan sibuk menghitung harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Perhitungan ini akan dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil. Namun hingga sudah tanggal 15, Sofyan mengaku belum mendapatkan laporan dari Kementerian ESDM terkait perhitungan harga BBM yang berasal dari perkembangan harga minyak dunia serta nilai tukar rupiah.

Ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (14/4/2015) ia menyebutkan, “Saat ini saya belum mendapat laporan dari Kementerian ESDM. Dan belum tahu apakah harga minyak dunia akan naik atau turun. Nanti saya akan melakukan pengecekan ke Menteri ESDM,” Sofyan menyatakan, pemerintah pasti akan menyesuaikan harga BBM, apabila ada perubahan harga minyak dunia, apakah naik atau turun. Tapi jika harga minyak tetap, maka pemerintah tidak wajib mengevaluasi harga BBM.

Sebelumnya pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar subsidi sebesar Rp 500 per liter. Kenaikan harga tersebut mulai berlaku pada Sabtu,  28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB. Menurut I Gusti Nyoman Wiratmaja, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, dengan meningkatnya rata-rata harga minyak dunia yang masih berfluktuasi serta melemahnya nilai tukar rupiah dalam satu bulan terakhir, maka Harga Jual Eceran BBM secara umum perlu dinaikkan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok