Gantikan Manusia Para Hantu Demo Di Spanyol

gantikan-manusia-para-hantu-demo-di-spanyol

HarianDepok.com – Berita Unik – Pemerintah Spanyol baru-baru ini menetapkan peraturan ketat dalam hal aksi demonstrasi. Mereka melarang masyarakat untuk berdemo, dan jika masih nekat para demonstran akan dikenakan hukuman yang berat dan mahal. Peraturan baru ini ternyata tak membuat masyarakat Spanyol surut dalam menyuarakan aspirasi mereka. Alih-alih hadir untuk demonstrasi, rakyat Spanyol membuat ‘hantu’ untuk menggantikan mereka.

Ribuan orang melakukan protes terhadap peraturan dan hukum baru yang ditetapkan di Spanyol tersebut, namun hanya dalam bentuk hologram. Ini merupakan demo hologram pertama di dunia, seperti dilansir oleh Mirror. Demo ‘para hantu’ ini menunjukkan masyarakat yang membawa plakat tengah berjalan di depan gedung Parlemen Spanyol di Madrid.

Pemerintah Spanyol telah meloloskan peraturan mengenai keamanan warga negara yang dinilai kontroversial, sehingga sekelompok masyarakat merasa perlu melakukan protes untuk menyuarakan pendapat mereka terkait peraturan tersebut.

Carlos Escano, juru bicara untuk demonstrasi ini menjelaskan bahwa melakukan protes menggunakan hologram adalah satu-satunya pilihan yang mereka miliki untuk memprotes keputusan pemerintah. Aturan baru yang akan dijalankan mulai Juni itu dinilai akan membatasi kebebasan masyarakat.

Salah satu aturan yang dibuat pemerintah tersebut juga melarang warganya melakukan demonstrasi atau berkumpul di jalan. Para demonstran harus meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukan demonstrasi di ruang publik. Jika melakukan demonstrasi, mereka akan didenda sebesar EUR 600.000 atau 8,2 miliar. Sementara mengabadikan aksi demonstrasi akan didenda EUR 300.000 atau sekitar Rp 411 juta.

 

 

 

 

[Irma wulandari/HD]

 

 

 

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer