Kemendikbud Imbau Siswa Agar Tidak Percaya Kunci Jawaban UN

Kemendikbud Imbau Siswa Agar Tidak Percaya Kunci Jawaban UN

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ari Santoso, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau kepada para siswa yang mengikuti ujian nasional agar tidak gampang percaya dengan kunci jawaban. Sebab, kecurangan tersebut hanya akan menghancurkan anda. Ketika ditemui Tribunnews.com di ruangannya, di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (15/04/2015) Ari mengatakan,

“Karena begitu anak-anak sudah belajar tiga tahun dan mereka sudah menyiapkan dengan baik, itu akan hancur berantakan karena anak-anak hanya bergantung kepada kunci jawaban,”  Ia menyebutkan, bahwa pihaknya tidak mengenal istilah kunci jawaban. Menurut dia, kunci jawaban belum tentu akan sama dengan soal yang akan dikerjakan oleh para siswa. “Pertama ada lembar soal dibaca dan dijawab. Kedua, ada orang yang memanfaatkan isu ini untuk secara finansial. Dengan cara dia menjual dengan jawaban spekulasi,” jelasnsya.

Dia menjelaskan lebih lanjut, bahwa ujian nasional memang bukanlah syarat untuk menetukan kelulusan. “namun inikan cermin hasil belajar selama tiga tahun,” ucapnya. Pihaknya pun berharap agar para siswa dapat belajar dengan sungguh-sungguh, santai, tanpa ada ketegangan ketika menghadapi ujian nasioal. Seperti yang diketahui, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA/SMK/MA sudah berlangsung mulai tanggal 13 sampai 15 April.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok