Mahasiswa Gunadharma Bekerjasama Dengan Kodim 0508 Membersihkan Sungai Ciliwung

Mahasiswa Gunadharma,Kodim 0508 Depok, Kegiatan Dharma Bakti 2015

HarianDepok.com – Berita , Kebersihan adalah salah satu bagian yang harus didukung bersama demi menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat. Hal tersebut seharusnya sudah bisa direalisasikan di seluruh wilayah Indonesia, dalam rangka meningkatkan taraf hidup yang lebih sehat.

Namun pada kenyataannya, hingga sampai saat ini banyak sekali sampah sampah liar yang berserakan di tempat tempat umum akibat dari kurangnya kesadaran masyarakatnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain mengganggu pemandangan, sampah sampah liar itu juga mengeluarkan bau yang tak sedap akibat dari proses pembusukan.

Tak hanya di tempat umum saja, hampir di seluruh sungai wilayah kota Depok pun juga telah tercemar oleh sampah yang mengakibatkan tersumbatnya aliran sungai sehingga bisa menimbulkan terjadinya banjir.

Ciliwung, salah satu sungai yang berada di wilayah Bogor, Depok dan Jakarta ini adalah salah satu dari sekian banyak sungai sungai yang sudah dicemari oleh sampah akibat minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Sejumlah TNI dari Kodim 0508 yang bekerjasama dengan mahasiswa Gunadharma, Depok tengah melakukan kegiatan Dharma Bhakti membersihkan sungai Ciliwung. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti, kebanjiran dan lain lain.

Kegiatan bersih bersih tersebut langsung dipimpin oleh LetKol.(Inf) Santosa dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman dan asri yang dimulai dari jam 07.00 pagi sampai dengan jam 12.00 siang.” Semua personil sudah siap di posisi masing sejak pagi tadi”, ujar Santosa kepada media.

Kegiatan ini memang sengaja digelar oleh TNI Kodim 0508 dalam rangka mensukseskan Adipura Depok tahun 2015 dan membersihkan aliran sungai supaya bisa terhindar dari ancaman banjir.

Sekretaris Umum LISUMA Gunadharma Elmy Pajrial mengatakan, bahwa partisipasi mahasiswa Gunadharma kali ini adalah sebagai bentuk dukungannya untuk menciptakan lingkungan kota Depok yang bersih, nyaman dan asri.

Banyaknya sampah sampah berserakan di aliran sungai Ciliwung lebih disebabkan oleh sangat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan.”Lihat saja, banyak sekali tumpukan tumpukan sampah yang berserakan di sekitar Ciliwung”, ujarnya.

Menurutnya, permasalahan sampah yang terjadi di kali Ciliwung, Depok ini merupakan permasalahan yang cukup serius yang bisa berdampak kepada terjadinya banjir dan timbulnya berbagai penyakit.

Dirinya mengharapkan kepada pemerintah kota Depok untuk dapat bisa melakukan himbauan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk bisa menjaga dan melestarikan lingkungan. Bila perlu tangkap dan penjarakan para pembuang sampah liar, sehingga kebersihan di sungai Ciliwung tetap terjaga.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: