Sejumlah Keunggulan Pesawat R80 Besutan B.J. Habibie

Sejumlah Keunggulan Pesawat R80 Besutan B.J. Habibie

HarianDepok.com – Bisnis , Ketika mendatangi National Innovation Forum (NIF) 2015 di Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertuju pada sebuah pesawat pabrikan PT Regio Aviasi Industri, yang merupakan produsen pesawat yang didirikan oleh mantan Presiden RI Ke tiga, B.J. Habibie. Di dalam kesempatan tersebut, Habibie yang juga ikut hadir dalam acara itu mempresentasikan salah satu produk pesawatnya yang akan diberi label R80. Pesawat tersebut adalah pesawat penumpang yang berukuran sedang dengan kapasitas 80 sampai 90 penumpang.

Habibie juga menjelaskan sejumlah keunggulan pesawat R80 itu. Sejumlah hal yang diunggulkan yakni, kapasitas penumpang yang jumlahnya cukup banyak, sekitar 80-90 orang, waktu berputar yang relatif singkat, serta perawakannya yang juga bisa disebut lebih mudah daripada sejumlah pesawat buatan Amerika Serikat ataupun Eropa. Dengan memiliki kemampuan tersebut, Habibie menilai bahwa pesawat R80 adalah pesawat yang sangat tepat untuk dioperasikan di Tanah Air, khususnya bagi sejumlah pesawat yang dioperasikan di bandara dengan landasan pacu yang pendek.

Habibie  menyatakan, “Jawabannya adalah ini. pesawat Ini yang sangat tepat bagi Indonesia. dan sudah melakukan studi di Amerika,” Habibie pun mengungkapkan sejarah serta latar belakang pendirian perusahaan dan tekadnya untuk membuat pesawat yang diproduksi oleh anak negeri. Ketika mempresentasikan pesawat ini kepada Jokowi, Habibie mengatakan, “Pengembangan pesawat ini sudah kita rencanakan 50 persen mendapat investasi co-founder dari swasta dan ini kita produksi di dalam negeri,”

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok