Dapat Surat Teguran FIFA, Menpora Angkat Bicara

Dapat Surat Teguran FIFA, Menpora Angkat Bicara

 

HarianDepok.com – Olahraga – Sepakbola – Nasional , Konflik yang terus terjadi pada persebakbolaan Indonesia membuat induk organisasi sepakbola tertinggi FIFA menegur kepada menpora, Imam Nahrawi terkait polemik yang terjadi pada sepakbola Indonesia.

FIFA selalu berkirim surat kepada Indonesia setiap kali ada polemik di antara PSSI dengan negara. Seperti biasa, ancaman pun ditebar.

Yang terakhir beredar di media massa adalah, surat FIFA ditujukan kepada Menpora Imam Nahrawi, tertanggal 10 April 2015, dikirim langsung melalui faksimile. Yang menandatangani adalah pejabat FIFA yang namanya sudah familiar dengan publik sepakbola Indonesia, yaitu Jerome Valcke, sang sekretaris jenderal.

Dalam surat tersebut Valcke menanggapi surat yang dikirimkan Kemenpora pada 2 April lalu, yang menjelaskan duduk perkara persoalan sepakbola di Indonesia, termasuk soal verifikasi negara yang dilakukan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) terhadap klub-klub (calon) peserta ISL 2015, yang menghasilkan dicoretnya Arema Cronus dan Persebaya karena tidak lolos syarat administrasi

Seperti diberitakan sebelumnya, Menpora melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) tidak menyertakan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya di Indonesia Super League (ISL) 2015. Dua klub asal Jawa Timur itu, menurut pemerintah, tidak layak ikut kompetisi sepak bola profesional setelah terbelit kasus dualisme kepemilikan di internal tim.

Dalam suratnya FIFA mengatakan. “kami minta dengan hormat supaya instansi Anda dan/atau BOPI untuk tidak mengintervensi urusan PSSI, serta membiarkan PSSI untuk memenuhi kewajiban-kewajibannya sebagai anggota FIFA.”

Selanjutnya, Kemenpora juga menilai FIFA salah dalam pernyataannya terkait Kemenpora dan BOPI yang mewajibkan juga kriteria tambahan. “Pernyataan FIFA tersebut sepenuhnya salah, karena kewajiban yang dipersyaratkan tersebut bersifat WAJIB (bukan additional criteria) dan jelas-jelas tersebut pada FIFA Club Licensing Regulation,” jelasnya.

“FIFA harus menyadari sepenuhnya, bahwa Kemenpora dan BOPI justru sudah membantu FIFA untuk menegakkan aturan tanpa harus intervensi,” tambahnya.

“Seandainya FIFA terus secara sepihak mendiskreditkan Pemerintah Indonesia meskipun Pemerintah Indonesia justru  sudah berusaha semaksimal mungkin mematuhi regulasi FIFA, AFC dan bahkan PSSI yang dibuatnya sendiri (sama sekali bukan dibuat Kemenpora), maka sudah barang tentu ini menyangkut kewibawaan Pemerintah Indonesia.”

 

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten