Beberapa Tanggapan MUI Mengenai Skema MMM

Beberapa Tanggapan MUI Mengenai Skema MMM

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Setelah sebelumnya kolaps beberapa tahun lalu, Skema  Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) atau di Indonesia disebut Manusia Membantu Manusia (MMM) saat ini telah kembali naik daun. Skema MMM telah hadir kembali dengan cara yang lebih profesional, karena sudah beriklan di media televisi dan media lainnya. Lalu bagaimanakah tanggapan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap skema investasi ini?  Menurut KH Maruf Amin, Ketua MUI mengungkapkan bahwa skema investasi seharusnya mempunyai ijin terlebih dahulu dari pemerintah.

“Tolong menolong dalam agama Islam memang diperbolehkan, tapi lembaga tersebut harus clear dan resmi dari pemerintah,” kata Maruf Amin. KH Maruf Amin menyatakan, pemerintah sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu secara benar dan detail skema investasi yang dilakukan MMM Indonesia, dan jangan disebarluaskan dulu kepada masyarakat. Sehingga tidak akan menimbulkan pertanyaan apakah investasi ini merugikan atau menguntungkan. Ia pun menjelaskan, “Percuma jika prinsip MMM Indonesia itu tolong menolong, namun tidak mendapatkan respon dari pemerintah,”

Sedangkan menurut Amidhan Shaberah, Ketua Bidang Perekonomian dan Produk Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) menekankan pada aspek money game. Apapun jenis investasi yang ditawarkan bila mengandung money game di dalamnya maka uang itu adalah uang haram. Amidhan mengungkapkan, “Kalau money game itu haram. Makannya untuk MMM, MLM atau sejenisnya itu syarat syariahnya ada 12 poin salah satunya tidak boleh money game. Kalau memang ada, berarti itu hukumnya haram, Money game adalah pola investasi yang tidak jauh berbeda dengan judi”

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok