Menguap Secara Berlebihan Dapat Menjadi Tanda Sakit Jantung

Menguap Secara Berlebihan Dapat Menjadi Tanda Sakit Jantung

HarianDepok.com – Kesehatan , Aktivitas Menguap biasanya dilakukan orang ketika sedang merasa kebosanan atau kelelahan. Akan tetapi jika menguapnya terlalu sering, mungkin patut untuk dicurigai pertanda adanya suatu penyakit.

Menurut yang  dikutip dari Livestrong, Senin (13/04/2015) menguap secara berlebihan atau dalam istilah medis disebut juga reaksi vasovagal. Reaksi tersebut disebabkan oleh saraf vagus pada pembuluh darah. Menariknya, menguap juga ada hubungannya dengan gangguan jantung.

Berdasarkan hasil penelitian dari University of Maryland Medical Center, menyebutkan bahwa menguap secara berlebihan dapat menjadi ciri dari kondisi kardiovaskular, yakni  seperti serangan jantung serta diseksi aorta atau pecahnya pembuluh darah aorta.

Peneliti menjelaskan, “Bila Anda menguap secara berlebihan namun tidak merasa lelah, mungkin hal ini sebuah Reaksi Vasovagal. Segera lah anda ke rumah sakit dan konsultasi kepada dokter specialist agar dapat mengetahui berapa kali menguap per jam setiap hari,”

Walau bukan penyakit, menguap secara berlebihan juga identik dengan masalah kurang tidur, sehingga dokter terlebih dahulu harus mengukur denyut jantung, kadar oksigen, gelombang otak, gerakan mata yang cepat dan aktivitas otot.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok