Di Kota Depok, Ijin Praktek Dokter Hewan Masih Sumir

Di Kota Depok, Ijin Praktek Dokter Hewan Masih Sumir

HarianDepok.com – Berita , Menurut Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Pusat menyebutkan, bahwa terdapat 50 dokter hewan di Kota Depok yang belum mempunyai ijin praktek. Sebab, pemerintah kota (Pemkot) Depok belum mempunyai aturan jelas mengenai ijin untuk para  dokter hewan. Akibat dari hal tersebut juga banyak dokter hewan yang membuka praktek dengan cara menyamarkannya sebuah toko penjual pakan ternak. Bahkan, Dinas Pertanian dan Peternakan saat ini belum mempunyai payung hukum terhadap ijin praktek dokter hewan.

Heru Setijanto, Kepala PDHI Pusat, Minggu (12/04/2015) menyebutkan, puluhan anggota mereka yang beralamat di Depok memang belum mengantongi ijin untuk membuka jasa praktek pengobatan kepada pemilik hewan peliharaan. Sehingga cara satu-satunya adalah menyamarkan praktek mereka dan memberikan pertolongan kepada pemilik hewan tersebut dengan membuka petshop alias toko makanan hewan dibeberapa titik. Menurut dia, para dokter hewan melakukan praktek ilegal ini karena ketidakseriusan pemerintah daerah dalam menggodok payung atau landasan hukum.

Seperti, peraturan daerah (Perda) dan peraturan walikota (Perwal). Heru menjelaskan lebih lanjut, saat ini ketakutan pada puluhan dokter hewan yang membuka praktek ilegal tersebut semakin was-was. Karena, bila mereka melakukan kesalahan pengobatan kepada hewan yang dipelihara masyarakat nantinya akan membawa dampak besar. Sebab dari itu, PDHI mendesak Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Depok untuk melakukan penggodokan aturan ijin praktek tersebut.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok