Walikota Depok Targetkan Depok Jadi Kota Sehat, Sebelum Turun Jabatan

Walikota Depok Targetkan Depok Jadi Kota Sehat, Sebelum Turun Jabatan

HarianDepok.com – Berita , Menjelang akhir jabatannya yang kedua, periode 2006 – Januari 2016, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail menargetkan program Kota Sehat dapat tercapai. karena program tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah agar mencapai masyarakat yang sehat serta sejahtera. Kegiatan tersebut juga dirancang bekerja sama dengan masyarakat agar mencapai tatanan tertinggi menuju Kota Sehat. Ketika dihubungi wartawan, Sabtu ( 11/04/2015) Nur Mahmudi mengatakan,

“Tahap awal sudah berhasil dengan mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa atau tarap pemantapan yang telah diterima 14 November 2013 lalu. Tahap kedua kami sudah mengajukan lagi dengan menambah dua tatanan untuk meraih Swastisaba Wiwerda atau taraf pembinaan,” ia menambahkan, “kami sudah mengeluarkan surat keputusan walikota sebagai  landasan kerja untuk mengapresiasi masyarakat agar ikut berpartisipasi.”

Ia menjelaskan,  Swastisaba Padapa adalah anugerah Kota Sehat dengan memenuhi minimal dua dari Sembilan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Kementerian Dalam Negeri. Yaitu, 1. Kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum. 2. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. sementara Swastisaba Wiwerda, Depok menambah ajuan dua indikator lagi Yaitu, 3. Kawasan ketahanan pangan dan gizi, dan 4. Kehidupan sosial yang sehat.

Hardiono, selaku Ketua Tim Pembina Kota Sehat menyatakan, optimismenya ajuan untuk meraih Swastisaba Wiwerda pada akhir tahun 2015 ini. Alasannya adalah, tim evaluasi dari Jawa Barat sudah menentukan titik-titik fokus atau lokus yang harus ditingkatkan agar diperiksa ulang atau rechecking oleh tim pusat, Kemenkes serta  Kemdagri.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok