Perubahan Harga BBM Setiap Dua Minggu Bikin Pengusaha Dan Masyarakat Kebingungan

Perubahan Harga BBM Setiap Dua Minggu Bikin Pengusaha Dan Masyarakat Kebingungan

HarianDepok.com – Bisnis , Mekanisme evaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang dilakukan setiap dua minggu sekali dinilai terlalu cepat. Dikarenakan perubahan harga setiap dua minggu ini kerap membingungkan pengusaha dan masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Minggu (12/04/2015) mengungkapkan, kebingungan ini terjadi karena pengusaha dan masyarakat belum terbiasa dengan mekanisme tersebut. Akan tetapi jika mekanisme ini terus dipertahankan dalam jangka waktu lama, diklaim tidak akan ada lagi keberatan dari pengusaha ataupun masyarakat.

Suryo mengatakan, pengusaha dan masyarakat tidak perlu khawatir dengan volatilitas harga BBM saat ini. Suryo mengklaim jika harga BBM naik dan turun hanya akan berlangsung sementara karena harga minyak dunia yang belum stabil. Walau begitu, ia pun mengharapkan pemerintah agar dapat merevisi jangka waktu evaluasi harga BBM jenis premium dan solar menjadi enam bulan sekali.  Ia menyebutkan, sebenarnya evaluasi harga BBM setiap dua minggu sekali sudah sangat baik. Ia pun menambahkan, Kalau bisa maka ebih cepat akan lebih baik.

Melihat dari fluktuasi dengan harga minyak dunia seperti saat ini, pemerintah dianggap perlu melakukan evaluasi dengan cepat supaya tidak kembali mensubdisi BBM jenis premium. Suryo menyebutkan, pengusaha juga harus dapat melakukan penyesuaian secara cepat untuk menghindari kerugian akibat harga BBM fluktuaktif. Selain itu, mengenai lonjakan harga barang kebutuhan masyarakat akibat harga BBM yang fluktuaktif ini, Suryo menilai hal itu dapat diatasi dengan cara mengatur volume suplai barang ke pasar sehingga harga dapat dijaga.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok