4 Tips Mudah Untuk Mencegah Pikun

4 Tips Mudah Untuk Mencegah Pikun

HarianDepok.com – Kesehatan , Pikun bukanlah sebuah penyakit yang hanya akan menyerang orang yang berusia  tua saja. Siapapun dapat terkena pikun. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa pikun itu kemungkinan pertanda Alzheimer atau demensia. Untuk mencegah pikun tidak perlu harus melakukan usaha yang cukup keras. Seperti  yang dikutip Prevention, Jumat (10/04/2015), berikut adalah tips untuk mencegah pikun!

  1. Meditasi 10 menit sehari

Cukup hanya melakukan duduk tegak, terus tutup mata Anda, serta tarik napas perlahan hingga hitungan ke 5 dan buang napas kembali hingga hitungan ke 5. Lakukan lah hal seperti ini selama 5 menit. Praktek ini juga dapat Anda lakukan sehari dua kali atau saat tengah stres juga dapat dilakukan setiap hari.

  1. Olahraga 3 jam seminggu

Olahraga dapat melatih kemampuan otak, menurut sebuah laporan hasil penelitian di Amerika, olahraga bisa meningkatkan kadar neurotropik. Olahraga juga kerap disebut sebagai vitamin neurotropik yang bisa memperbaiki dan melancarkan fungsi saraf.

  1. Hafalkan sesuatu setiap hari

Menurut Gary Small , seorang ahli saraf dari University of California menganjurkan untuk menghafal kata untuk melatih otak. “Kapanpun Anda bisa melakukannya, belajar keterampilan baru atau bahasa akan memperlambat menurunnya ingatan.”

  1. Konsumsi 1.500 mg omega-3 setiap hari

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA dan EPA yang dapat ditemukan dalam ikan berlemak, bisa membantu menjadikan otak dapat berfungsi dengan baik.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok