Warga Cinere Bersama Walhi Jakarta, Akan Menggugat Pemkot Depok

Warga Cinere Bersama Walhi Jakarta, Akan Menggugat Pemkot Depok

Foto : Radar Online

HarianDepok.com – Berita – Cinere , Sebuah bangunan apartemen yang masih dalam tahap pembangunan di bilangan Cinere telah menjadi salah satu penyebab marahnya warga RW 04, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Depok. Marahnya warga RW 04, dipicu oleh terjadinya kerusakan di wilayah sekitar apartemen sejauh 400 meter akibat dari pembangunan gedung apartemen tersebut.

Padahal pada beberapa waktu lalu, pembangunan gedung apartemen tersebut sempat terhenti, akibat masih terkendalanya masalah administrasi di perizinan sehingga lahan dan gedung disegel oleh petugas. Namun, entah kenapa, proyek pengerjaan pembangunan gedung apartemen itu bisa kembali berjalan.

Untuk itu, warga RW 04 beserta pihak Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta, mengancam akan menggugat Pemerintah kota Depok. Hal itu dilakukannya karena pemerintah kota Depok dianggap lalai dalam pengawasan sehingga pembangunan gedung apartemen itu kembali dilanjutkan.

Elnard Peter, salah satu warga RW 04 mengatakan bahwa rencana mereka untuk menggugat pemkot Depok akan segera dilakukannya yang bekerja sama dengan Walhi Jakarta. Gugatan tersebut akan digelontorkan ke meja hijau karena pemkot Depok dianggap dengan sengaja telah membiarkan proyek pengerjaan Gedung apartemen Terace Suite berlangsung.

Diketahui bahwa, akibat dari pengerjaan proyek pembangunan gedung apartemen ini, membuat kerusakan di beberapa rumah rumah warga yang berjarak 200 meter dari lokasi. Namun hal tersebut makin meluas sampai dengan radius 400 meter.

Meski telah dilaporkan kepada instansi terkait mengenai hal ini, namun hingga sampai saat ini, tidak ada tanggapan dari pemerintah kota Depok. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini, warga RW 04 beserta Walhi Jakarta akan membawa permasalahan ini ke meja hijau.

Dzaenal Mutaqin selaku Direktur Internal Walhi Jakarta mengungkapkan bahwa pihaknya akan mendampingi warga sekitar yang merasa dirugikan oleh adanya pembangunan gedung apartemen tersebut. Menurut pengamatannya, ada beberapa tindak kelalaian serta kerusakan di sektor lingkungan hidup akibat proyek pembangunan.

Sehingga masalah ini, patut untuk ditindak lanjuti guna menghindari kerugian dan kerusakan yang lebih besar lagi, warga beserta pihak Walhi akan segera membawa permasalahan tersebut ke meja hijau, tutupnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)