BPJS Kesehatan Kota Depok Minta Dinaskersos Lakukan Sosialisasi

BPJS Kesehatan Kota Depok Minta Dinaskersos Lakukan Sosialisasi

HarianDepok.com – Berita , Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Depok mengaku mengalami kesulitan untuk menjaring peserta dari kalangan pekerja penerima upah (PPU) untuk menjadi peserta. Hal itu terjadi karena banyak perusahaan yang belum memiliki kesadaran untuk mengurus kepesertaan jaminan kesehatan nasional kepada para pekerja. Oleh sebab itu lembaga tersebut meminta Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Dinaskersos) agar melakukan sosialisasi ke semua perusahaan yang ada di kota Depok.

Menurut Yessi Kumalasari, Kepala BPJS Kota Depok menyebutkan, kesulitan menjaring penerima upah untuk menjadi peserta kesehatan nasional. Hal tersebut nampak dari jumlah perusahaan yang baru mendaftarkan diri masih sedikit. Sampai sekarang hanya ada 679 badan usaha dengan pekerja sebanyak 81.522 jiwa yang telah mendaftarkan diri. Berdasarkan dari pendataan BPJS, Kota Depok sendiri tercatat sekarang sudah ada 835 perusahaan atau badan usaha yang sudah berdiri dan beroperasi. Dari total perusahaan tersebut terdapat sekitar 400 ribu pekerja yang ada pada ratusan perusahaan tersebut.

Namun, dari semua pekerja yang ada hanya 10 persen yang baru terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Yessi mengungkapkan, untuk mencapai target pendaftaran para pekerja perusahaan itu untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, mereka pun meminta Dinaskersos melakukan sosialisasi tersebut. Tidak hanya itu, pihaknya pun membuka informasi layanan kesehatan secara online untuk membantu para pemilik perusahaan untuk mendaftarkan para pekerjanya itu. Dalam informasi secara online tersebut terdapat seluruh informasi dari mulai fasilitas, informasi kepesertaan yang ingin diketahui.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok