BMW Rakit 18 Mobil Per Hari di Sunter

BMW Rakit 18 Mobil Per Hari di Sunter

HarianDepok.com – Otomotif – Mobil , BMW Group Indonesia mempunyai 5 jenis mobil BMW  yang diproduksi di pabrik Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Kelima model tersebut yakni BMW Seri 5, Seri 3, X1, X5, dan X3. Pabrik Gaya Motor hanya berkapasitas sebanyak 18 unit setiap harinya. Jodie O’Tania, Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia mengungkapkan, Gaya Motor tersebut memberikan kapasitas perakitan untuk BMW sebanyak 18 unit setiap harinya dan mempunyai 1 line produksi.

Di sela-sela acara peresmian BMW X5 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Jumat (10/04/2015) Jodie mengatakan, “18 unit per hari tersebut tidak untuk 1 model tapi beberapa macam model yang telah dirakit di Indonesia,”  untuk memproses 1 unit kendaraan membutuhkan waktu sekitar 5 hari dan untuk BMW di Gaya Motor tersebut mempunyai 45 proses. “Setiap prosesnya membutuhkan 56 menit, jadi 1 kendaraan itu membutuhkan waktu sekitar 5 hari, karena banyak proses perakitan yang meski dilakukan,” ucap Jodie.

Bila dibandingkan dengan mobil yang didatangkan langsung dari pabriknya yang berada di Jerman (CBU) pastinya mempunyai perbedaan. Intinya, mobil yang dirakit di Indonesia mempunyai harga yang lebih murah. jodi menuturkan,” Saya kurang tahu perbedaan harganya berapa, karena kita mempunyai banyak kendaraan yang dirakit di Indonesia, yang pasti lebih murah,” jelas Jodie. Jodie menambahkan, banyak faktor yang membuat harga mobil BMW yang dirakit di Indonesia memiliki harga jauh lebih murah dari pada yang CBU. Dari segi pajak pastinya juga mempengaruhi harga penjualannya.

“Beberapa faktor lain dan pajak sudah pasti ada pengaruhnya,” ucapnya lagi. Untuk BMW X5 yang produksi di Indonesia memiliki 2 model, pertama X5 xDrive 35i X-Line bensin yang dijual seharga Rp 1.269.000.000, dan X5 x-drive 25d yang dijual seharga Rp 1.149.000.000. “Untuk X5 xDrive 35i M sport tidak diproduksi di Indonesia. Itu masih CBu,” lanjut dia. selain itu, X5 yang diproduksi di Indonesia baru akan tersedia di diler resmi BMW pada bulan Juni mendatang. Hal itu, tambah Jodie, terjadi karena ada homologasi dan lain sebagainya.”Kita kan ada proses pendaftaran dan lain sebagainya, jadi baru akan tersedia pada bulan Juni nanti,” tutupnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok