Bus Ini Pakai Kotoran Manusia Sebagai Bahan Bakarnya

bus-ini-pakai-kotoran-manusia-sebagai-bahan-bakarnya

HarianDepok.com – Berita Unik – Sekilas bus berwarna putih ini nampak tak ada bedanya dengan bus lainnya. Bus berisi 40 kursi ini benar-benar terlihat biasa saja.

Namun bus ini ternyata memakai bahan bakar yang sangat alami: Kotoran manusia dan makanan sisa adalah bahan bakar bio-bus penghubung Bath dan bandar udara Bristol ini.

Bus ini baru mulai beroperasi hari ini, seperti dilansir koran Daily Mirror, Kamis (20/11). Bus ini dikeluarkan oleh GENeco, sebuah perusahaan penghasil bahan bakar gas. Gas yang dihasilkan, diproduksi di tempat pembuangan kotoran di Bristol, Inggris.

Manajer perusahaan ini, Mohammed Saddiq mengatakan bio-bus ini diperuntukkan penduduk lokal di sana. Ia mengatakan gas yang dipakai sebagai bahan bakar diambil dari kotoran manusia dan makanan sisa yang tidak lagi dikonsumsi oleh manusia.

Bio-bus ini dipercaya merupakan cara tepat bagi bahan bakar publik karena dapat memperbaiki kualitas udara perkotaan di sana.

Gas yang dihasilkan di bus ini lebih rendah emisinya dibanding dengan tenaga disel tradisional. Kedua bahan ini akan diperbarui nantinya.

Saddiq mengatakan, “Gas pembuangan dari kendaraan memiliki peran yang penting dalam memperbaiki kualitas udara di Inggris. Dan dengan adanya bio-bus ini warga Inggris yang tinggal di daerah yang termasuk dalam rute akan merasakan perubahan.”

Bio-bus ini dapat beroperasi hingga 300 kilometer dengan tangki gas penuh. Satu tangki gas penuh setara dengan kotoran yang dihasilkan lima orang.

 

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer