Membedakan Pusing Biasa Dengan Pusing Gejala Stroke

Membedakan Pusing Biasa Dengan Pusing Gejala Stroke

HarianDepok.com – Kesehatan , Salah  satu gejala stroke biasanya ditandai dengan rasa sakit kepala. Akan tetapi  tidak sedikit orang yang tidak mengetahui nyeri seperti apa yang berbahaya dan berisiko menyebabkan stroke. Lantas  sakit kepala seperti apakah  yang berbahaya dan dapat mengakibatkan troke? Menurut dr. Puspasari, Sp. S, seorang dokter saraf dari Bethsaida Hospitals menerangkan bahwa untuk membedakan sakit kepala biasa dan sakit kepala berbahaya sebenarnya cukup mudah.

Medis sendiri mempunyai skala nyeri 1-10. Saat di sela-sela acara deteksi Dini Stroke dengan Digital Substraction Angiography (DSA) di Penang Bistro, Jakarta, Kamis (09/04/2015) Puspa mengatakan,”Biasanya stroke mempunyai skala 7-10, dan rasanya kepala seperti mau pecah dan mengganggu aktivitas. Sementara jika rasa nyerinya dibawah 7, pasien biasanya masih dapat melakukan aktivitas,”

Puspa menyebutkan, jika sakit kepala biasa dapat terjadi karena migrain, vertigo, dan bisa juga karena kelelahan. Rasa nyeri seperti ini biasanya dapat disembuhkan hanya dengan meminum obat warung. Namun jika sakitnya tidak kunjung sembuh walaupun sudah meminum obat golongan yang sudah kuat, hal seperti itu dapat dicurugai sebagai gejala stroke. Ia menerangkan, “Untuk mendeteksi apakah seseorang terkena stroke, segera lah pasien di bawa ke rumah sakit. Kami akan segera melakukan pemeriksaan serta bila perlu kami lakukan skrining memakai CT Scan atau MRI,” tegasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok