Dengan Memasak, Dapat Menstabilkan Emosi Seseorang

Dengan Memasak, Dapat Menstabilkan Emosi Seseorang

HarianDepok.com – Kesehatan , Menurut Ratih Ibrahim seorang Psikolog Klinis mengungkapkan, memasak dapat menjadi salah satu terapi untuk mengatasi permasalahan emosi pada seseorang. Ia pun kerap memberikan saran  kepada sejumlah pasien yang tengah mengalami depresi ataupun kesepian untuk melakukan aktivitas memasak. Usai acara ‘Royco Turut Menjaga Tradisi Makan Masakan Rumah’ di Jakarta, Selasa (07/04/2015) Ratih menerangkan,

“Memasak sebagai terapi itu tergantung pada orang. Intinya ketika orang melakukan sesuatu dengan passion semua momen yang dijalani jadi menyenangkan. Ketika sudah senang emosinya pun jadi lebih baik,” Ia juga mengingatkan, untuk dapat memunculkan rasa senang dimulai dengan masak yang mudah terlebih dahulu. “Jika masak yang mudah itu mengerjakannya juga akan dengan perasaan senang, nanti misalkan yang susah malah menjadi trauma,” jelasnya.

Perlu diingat, bahwa dalam terapi ini hasil akhir makanan bukanlah yang menjadi hal terpenting, melainkan yang diutamakan adalah proses memasaknya. Selain itu, fungsi terapi memasak lainnya adalah melatih kesabaran, ketelatenan serta dedikasi. Jika sudah bisa memasak dengan baik dan mendapatkan pujian dari hasil masakan, rasa percaya diri pada seseorang dapat timbuil. Ratih menerangkan lebih lanjut, “Pujian akan memunculkan rasa percaya diri pada seseorang. Orang yang percaya diri akan membuat emosinya kembali stabil,”

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok