Dinas Kesehatan Kota Depok, Pantau Sejumlah Pasar Di Depok

Dinas Kesehatan Kota Depok, Pantau Sejumlah Pasar Di Depok

HarianDepok.com – Berita , Beberapa waktu yang lalu, pemerintah kota Depok melalui Dinas Kesehatan yang bersinergi dengan Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) mengadakan kunjungan mendadak ke sejumlah pasar pasar. Hasil dari kunjungan mendadak tersebut, Dinas Kesehatan Depok berhasil mengamankan beberapa makanan yang mengandung zat zat kimia berbahaya yang tak layak dikonsumsi oleh manusia.

Dari beberapa makanan yang diamankan oleh petugas Dinas Kesehatan kota Depok rata rata mengandung Formalin, Tawas, Boraks dan zat pewarna pakaian. Zat zat tersebut, jika masuk ke dalam tubuh manusia, akan berdampak kepada menurunnya tingkat kesehatan pada organ dalam seperti liver dan jantung sehingga bisa menyebabkan rusaknya organ organ dalam tubuh manusia.

Untuk mencegah meluasnya makanan makanan yang mengandung bahan bahan berbahaya, Pemerintah kota Depok, melalui Dinas Kesehatan telah melakukan himbauan kepada seluruh produsen makanan yang ada di kota Depok akan bahayanya dampak dari penggunaan zat zat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan kota Depok, Lies Karmawati mengatakan, pihaknya pada saat kunjungan mendadak ke sejumlah pasar pasar di wilayah kota Depok yaitu Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, dan Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos , dari hasil kunjungannya tersebut, pihaknya berhasil mendapatkan sejumlah makanan yang mengandung zat kimia berbahaya.

“Saat ini kami terus berupaya untuk melakukan pembinaan kepada para pedagang tentang bagaimana makanan yang sehat,” ujarnya, Rabu (8/4/2015).

Lies menghimbau kepada seluruh masyarakat Depok untuk lebih berhati hati dalam membeli dan mengkonsumsi makanan yang dijajakan di tempay tempat perbelanjaan, agar supaya, tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, untuk membedakan antara makanan yang sehat serta makanan yang mengandung zat zat kimia berbahaya diantaranya adalah, dari sisi aroma, rasa, tekstur, dan warna.

makanan tanpa zat berbahaya biasanya memiliki tekstur yang mudah hancur, warnanya agak kusam dan aromanya yang khas makanan. Sebaliknya, makanan yang mengandung zat zat berbahaya biasanya memiliki warna yang cerah, tidak mudah hancur dan ketika dimakan rasanya agak pahit.

Maka daripada itu, Lies mengingatkan kepada seluruh konsumen, untuk selalu berhati hati serta cerdas dalam memilih makanan makanan yang dijajakan di pasar ataupun di toko toko penjualan makanan lainnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)