Di Cas 1 menit, Baterai Terbaru Aluminium-ion Langsung Penuh 100%

Di Cas 1 menit,  Baterai Terbaru Aluminium-ion Langsung Penuh 100%

HarianDepok.com – Tekno , Baterai jenis lithium-ion memang mempunyai kelebihan yang dapat disi ulang kembali dengan mudah. Baterai ini juga dapat dipakai pada perangkat mobile, seperti wearable device, smartphone, dan tablet. Akan tetapi ketika ingin mengisi daya baterai sampai penuh 100% pasti akan membutuhkan waktu yang lumayan lama sekitar 2 hingga 3 jam, tergantung dari kapasitas baterai yang digunakan.

Saat ini telah hadir sebuah baterai generasi terbaru yang disebut aluminium-ion. Baterai tersebut  dikembangkan oleh sebuah universitas,Stanford University dan diklaim bisa diisi ulang sampai penuh hanya dalam jangka waktu 1 menit. Tidak hanya itu, aluminium-ion juga disebutkan tidak gampang meledak atau juga terbakar seperti halnya baterai lithium-ion. Menurut Dai Hongjie yang merupakan salah seorang profesor kimia Stanford University mengungkapkan,

“Baterai terbaru kami tidak akan mudah terbakar, walaupun saat Anda mencoba untuk menghancurkannya,” Baterai produksi Stanford University ini diklaim dapat dicas lebih dari 7.500 kali atau 750 kali tidak seperti baterai aluminium generasi sebelummya yang hanya dapat dicas sampai 100 kali. Aluminium-ion juga diklaim lebih tahan lama dibandingkan lithium-ion.

Akan tetapi untuk sementara ini sel aluminium-ion belum sempurna karena hanya dapat menghasilkan sekitar 2 volt, jauh lebih kecil dibandingkan dengan lithium-ion yang sudah dapat menghasilkan 3.6 Volt. apalagi sel aluminium-ion hanya memiliki 40 watt listrik per kilogram (W/kg), sedangkan lithium-ion mempunyai densitas daya hingga 100-206 W/kg.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok