Tahun Ini Stok Beras Bulog Capai 4 Juta Ton

Tahun Ini Stok Beras Bulog Capai 4 Juta Ton

HarianDepok.com – Bisnis , Seperti yang ditegaskan Amran Sulaeman, Menteri Pertanian (Mentan), jika sejauh ini belum ada impor beras, maka impor yang akan dilakukan adalah impor menir untuk industri yakni menir bubuk. Saat ini, lanjut dia, stok beras pun masih aman. Seperti yang dikutip dari laman setkab, Selasa (07/04/2015) Amran mengungkapkan, “Kami berharap di tahun 2015 ini stok bulog minimum akan mencapai 4 juta ton,” Ia menyebutkan, stok 4 juta ton beras tersbut lebih besar jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar 3,4 juta ton.

Amran menerangkan, “Saat ini sudah ada tambahan tani Oktober-Maret. Dari hasil evaluasi kami kemarin, jika tahun lalu hanya mencapai 8,1 juta hektar sedangkan tahun ini mencapai 8,7-8,8 juta hektar,” Amran juga mengatakan, mengenai tambahan luas sawah tersebut, didapatkan usai kementeriannya membentuk tim khusus yang bergerak ke bawah. “Tahun ini ada tambahan 700 ratus ribu hektar,” ucap Amran. Tidak hanya itu, Amran juga menyebutkan, dari hasil panen kemarin sudah menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5 hingga 10 persen.

Sebelumnya, Perum Bulog mengajukan suntikan dana sebesar Rp 3 triliun lewat Penanaman Modal Negara (PMN) kepada DPR dan pemerintah. Dana tersebut akan digunakan untuk menjaga ketahanan pangan. Menurut Lenny Sugihat, Direktur Utama Bulog mengungkapkan, tambahan modal sebesar Rp 3 triliun, Bulog bakal menyerap gabah petani hingga 1,61 juta ton tiap tahun. Bulog menargetkan, pada tahun ini  dapat menyerap gabah petani sampai 3,2 juta ton tiap tahun.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok